Pamsimas Rampung, 40 Desa di Kebumen Nikmati Layanan Air Bersih - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Pamsimas Rampung, 40 Desa di Kebumen Nikmati Layanan Air Bersih

Dari Pamsimas ini, setidaknya sudah 2.004 rumah terpasang sambungan air bersih.

Pamsimas Rampung, 40 Desa di Kebumen Nikmati Layanan Air Bersih
Pamsimas Desa Sidogede, Kecamatan Prembun.
INI KEBUMEN - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, meresmikan pembangunan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) tahun anggaran 2021. 

Acara tersebut digelar di Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Selasa,  7 Desember 2021. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan potong pita oleh Bupati Arif Sugiyanto.

Kepala Dinas PUPR Kebumen, Haryono Wahyudi, mengatakan dari Pamsimas ini, setidaknya sudah 2.004 rumah terpasang sambungan air bersih. 

"Pendanaanya kita ambil dari dana APBN dana desa dan juga dari dana swadaya masyarakat. Alhamdulillah hari sudah terlaksana program PAMSIMAS di 40 desa," terangnya.

Ia menjelaskan Pamsimas terbagi menjadi 4 program. Yakni Pamsimas Reguler dengan sumber dana APBN sebanyak 15 desa, Pamsimas Reguler dengan sumber dana APBD sebanyak 5 desa. 

Kemudian, Pamsimas Hibah Insentif Desa dengan sumber dana APBN sebanyak 18 desa dan Pamsimas Hibah Insentif Desa MAMA (air minum aman layak minum) dari APBN ssbanyak 2 desa.

"Untuk tahun 2022 sampai saat ini sudah ada 12 desa yang mendaftar. Sesuai arahan Pak Bupati, kita targetkan pada 2024 nanti, seluruh desa di Kebumen sudah mendapat faslilitas air bersih," jelasnya.

Bupati menyampaikan, penyedian air bersih merupakan keharusan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. Sebab, air adalah kebutuhan dasar manusia, dan masyarakat punya hak untuk mendapatkan air bersih berkelanjutan dengan infrastruktur yang memadai.

"Pamsimas mampu menghasilkan infrastruktur air minum dan sanitasi berskala kecil dengan pembiayaan yang relatif rendah dan kualitas konstruksi yang baik. Untuk itu, para pelaku program diharapkan dapat meningkatkan dampak positif yang dihasilkan dari program pamsimas,” ujar Bupati.

Dengan program ini pula diharapkan ketersedian air bersih di Kebumen semakin merata. Masyarakat semakin sehat, dan sekaligus mampu merubah perilaku masyarakat untuk tidak lagi buang air sembarang, yang bisa mencemari lingkungan sekitar. 

“Kontribusi desa-desa, masyarakat, serta pihak-pihak yang peduli dengan air minum dan sanitasi sangat diharapkan untuk dapat menyukseskan program Kepala Dinas PUPR Kebumen, Haryono Wahyudi, mengatakan dari Pamsimas ini, setidaknya sudah 2.004 rumah terpasang sambungan air bersih. 

"Pendanaanya kita ambil dari dana APBN dana desa dan juga dari dana swadaya masyarakat. Alhamdulillah hari sudah terlaksana program Pamsimas di 40 desa," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>