Fasilitasi Warga, Trah Keturunan Aroengbinang Bangun Jalan dan Mushola

Trah Keturunan Aroengbinang 

Fasilitasi Warga, Trah Keturunan Aroengbinang Bangun Jalan dan Mushola
Fasilitasi Warga, Trah Keturunan Aroengbinang Bangun Jalan dan Mushola
INI KEBUMEN - Komplek Makam Aroengbinang di Desa Kuwarisan, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, bakal dilengkapi sejumlah fasilitas.

Fasilitas tersebut nantinya dapat menunjang kegiatan para peziarah dan masyarakat setempat.

Adapun yang membangun berbagai faisilitas tersebut, yakni keluarga Bambang Maryono, yang masih trah keturunan Aorengbinang.

Sejumlah fasilitas yang akan dibangun diantaranya, Mushola Yovita, Museum Aroeng Binang, pendopo hingga jalan dekat komplek makam.

Jalan itu dinamakan Jalan Bambang Maryono. Jalan sepanjang sekitar 280 meter dan lebar 3 meter ini dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai jalur alternatif.

Peresmian Jalan Bambang Maryono ditandai dengan pemotongan pita dan pemecehan kendi oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Kamis, 17 Maret 2022.

Pada persemian itu juga sekaligus digelar selamatan peletakan batu pembangunan Mushola Yovita.

Putra Bambang Maryono, Reza Eka Pahlevi menjelaskan, Jalan Bambang Maryono yang diresmikan ini sebagai bentuk bakti kepada orang tua, leluhur dan masyarakat sekitar.

Adapun pembangunan Musala Yovita, dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1522 meter persegi yang merupakan tanah milik pribadi keluarga.

Ini dimaksud untuk fasilitas masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah, terutama para peziarah nantinya.

"Nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana ibadah khususnya umat islam," ucap Reza.

Selain itu pihaknya juga akan membangun pendopo yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat setempat. Termasuk akan mendirikan sebuah museum untuk mengenang napak tilas dari para eyang Aroeng Binang.

"Insya Allah semua anggaran menggunakan dana pribadi kami, kami tidak ingin membebani pihak manapun, termasuk pemerintah. semoga ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," imbuhnya.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, Kajari Kebumen Fajar Sukristyawan serta kelurga besar Bambang Maryono.

Sementara itu, Bupati Kebumen menyampaikan apresiasinya atas pembangunan jalan ini.

Menurutnya, ini bentuk kepedulian terhadap budaya, terutama wisata religi. Dimana disini juga terletak makam tokoh Kebumen yang selama ini telah berjuang dan mengisi kemerdekaan.

"Ini sangat baik sebagai bentuk nguri nguri budaya, dan kita mengenal kembali para tokoh Kebumen, dimana tokoh kita penuh perjuangan dalam kemerdekaan, sehingga generasi kita harus bisa meletakan ini sebagai semangat kekaryaan," kata Bupati.(*)

Powered by Blogger.