Tanah Amblas di Desa Karangbolong Membahayakan Kantor Desa - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Tanah Amblas di Desa Karangbolong Membahayakan Kantor Desa

Tanah Amblas di Desa Karangbolong Membahayakan Kantor Desa
Tanah Amblas di Desa Karangbolong Membahayakan Kantor Desa

INI KEBUMEN - Hujan yang berkepanjangan menyebabkan bencana alam di beberapa titik di Kebumen, salah satunya di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, terjadi tanah amblas, Kamis 20 Oktober 2022.

Tepatnya di halaman rumah Sarimin (59) warga setempat, tanah retak dan amblas bahkan membahayakan kantor Desa Karangbolong.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, dari peristiwa itu warga masih bertahan di rumah.

"Siang ini Kapolsek Buayan bersama dengan anggota, serta TNI sudah meninjau lokasi tanah amblas. Informasi yang kami terima, sementara masih aman," jelas Aiptu Catur.

Kapolsek Buayan Iptu Sucipto saat dikonfirmasi, tanah amblas di lokasi menjadi gembur karena diguyur hujan. Hal ini patut diwaspadai, karena intensitas hujan masih tinggi di lokasi tersebut.

"Saat kami datang ke lokasi, warga diingatkan untuk waspada. Di bawah tanah yang amblas itu ada Kantor Desa Karangbolong," jelas Iptu Sucipto.

Tanah amblas sepanjang kurang lebih 20 meter dengan kedalaman kurang lebih 50 centimeter diketahui sekitar pukul 04.00 WIB pagi tadi oleh Sarimin saat keluar rumah.

Lanjut Iptu Sucipto, dalam waktu dekat, pemerintah desa akan melakukan pengurugan serta akan membuat saluran irigasi di sekitar lokasi untuk mengantisipasi amblas susulan.

"Ini sudah ke tiga kalinya tanah amblas di lokasi itu. Jadi harus dilakukan penanganan serius," kata Kapolsek.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>