Profil Novanda Nisa Ayu Wibowo, Wakil Kebumen yang Lolos 15 Besar Pemilihan Putri Otonomi Indonesia - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Profil Novanda Nisa Ayu Wibowo, Wakil Kebumen yang Lolos 15 Besar Pemilihan Putri Otonomi Indonesia

Profil Novanda Nisa Ayu, Wakil Kebumen yang Lolos 15 Besar Pemilihan Putri Otonomi Indonesia
Novanda Nisa Ayu Wibowo. (Foto: Pemkab Kebumen)
INIKEBUMEN.net - Berikut ini profil singkat Novanda Nisa Ayu Wibowo, wakil Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yang berhasil lolos 15 besar dalam ajang Oemilihan Putri Otonomi Indonesia 2023.

Ajang Pemilihan Putri Otonomi Indonesia digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) setiap tahunnya.

Selama ini, Pemilihan Putri Otonomi Indonesia selalu digelar di Jakarta bebarengan dengan Apkasi Expo.

Baca Juga: Novanda Nisa Ayu, Putri Kebumen Lolos 15 Besar Pemilihan Putri Otonomi Indonesia

Namun, mulai 2022 pelaksanaannya digelar di Kabupaten yang telah ditunjuk oleh Apkasi.

Pada 2022, Pemilihan Putri Otonomi Indonesia dilaksanakan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan, pada 2023 Kabupaten Kebumen terpilih sebagai tuan rumah Pemilihan Putri Otonomi Indonesia.

Audisi Pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2023 ini diikuti oleh 37 finalis perwakilan dari Kabupaten di Indonesia.

Selain menjadi tuan rumah, pada ajang kali ini Wakil Kebumen, Novanda Nisa Ayu Wibowo, berhasil lolos babak 15 besar.

Setelah dinyatakan lolos 15 besar, Novanda akan mengikuti karantina pada 20-22 Juni 2023. Kemudian, Grand Final pada 23 Juni 2023 di Hotel Trio Azana Style, Kebumen.

Baca Juga: Ini Janji Bupati Arif Sugiyanto untuk GTT dan PTT di Kebumen yang Belum Diangkat jadi ASN, Diminta Sabar!

Novanda Nisa Ayu Wibowo merupakan perempuan asal Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor. Gadis 19 tahun ini merupakan Sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Novanda pernah menjadi Puteri Remaja Jawa Tengah 2020, Puteri Remaja Indonesia Intelegensia 2020, Pesona Batik Nusantara 2020.

Kemudian, Puteri Pesona Nusantara Jawa Tengah 2022, Puteri Pesona Nusantara 2022, dan Mbak Kebumen 2022.

"Alhamdulillah yang patut kita syukuri putri dari Kebumen Novanda Nisa Ayu masuk 15 besar finalis POI," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen, Sri Kuntarti, Minggu, 11 Juni 2023.

Pada tahun lalu, kata Sri Kuntarti, putri dari Kebumen bernama Faradissa Djasmine Anderson berhasil jadi juara 2, atau runner up.

"Kita berharap tahun ini bisa jadi juara 1 Pemilihan Putri Otonomi Indonesia," ujar dia.

Menurutnya, tahapan seleksi yang pertama adalah seleksi adminisrasi di lanjutkan perkenalan dan Technical Meeting yang dilaksanakan pada  2 Juni 2023 secara zoom meeting.

Tahap selanjutnya audisi seleksi menuju 15 besar Pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2023 yang dilaksanakan pada 7-9 Juni 2023 di Ballroom APKASI Gedung Sahid Sudirman Center Lt 21 Jln. Jend Sudirman Kav 86 Jakarta.

Baca Juga: Duta Muslimah Preneur Diminta Ikut Promosikan Wisata Halal, Gus Yasin: Bukan Hanya Lingkup Jateng

"Audisi ini diikuti oleh 37 finalis dari Kabupaten di Indonesia. Dengan Materi Penilaian Tahap 1 Public speaking, wawasan dan kepercayan diri," ucapnya.

"Tahap 2 Pos Interview wawasan Otonomi Daerah, Potensi daerah, Bahasa, Bakat/Talent, Inovasi dan Kreativitas," sambung dia.

Kebumen sendiri mengajukan dua putri untuk ikut dalam pemilihan POI ini, Selain Novanda ada juga Churun Elena Silvia (20).

Namun langkah dia terhenti saat masuk 15 besar. Baik Novanda dan Silvia merupakan putri terbaik yang terpilih mewakili Kabupaten Kebumen.

Menurutnya, Pemilihan Putri Otonomi Indonesia menjadi momentum untuk menggelorakan semangat otonomi daerah secara berkesinambungan dengan tujuan sarana untuk mengembangkan potensi daerah.

Selain itu, momentum meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar daerah serta untuk memiih putri terbaik sebagi role model dan penggerak otonomi daerah.

***

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>