Hanya 2 Kabupaten di Jateng Raih Penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2023 dari Kemenko PMK, Salah Satunya Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Hanya 2 Kabupaten di Jateng Raih Penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2023 dari Kemenko PMK, Salah Satunya Kebumen

Hanya 2 Kabupaten di Jateng Raih Penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2023 dari Kemenko PMK, Salah Satunya Kebumen
 Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menerima penghargaan Anugerah Revolusi Mental dari Wapres Ma'ruf Amin.
INIKEBUMEN.NET - Kabupaten Kebumen menerima apresiasi Anugerah Revolusi Mental 2023 dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Kebumen mendapat penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2023 Kategori Gerakan Indonesia Mandiri untuk Pemerintah Kabupaten/Kota.

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Istana Wakil Presiden RI Jakarta, Rabu, 20 Desember 2023.

Anugerah Revolusi Mental 2023 merupakan penganugerahan yang ketiga kalinya sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pelaku yang mencerminkan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di seluruh pelosok Nusantara.

Selain Kebumen, di Jawa Tengah juga ada Kabupaten Banyumas yang menerima penghargaa Anugerah Revolusi Mental 2023 kategori Gerakan Indonesia Bersih.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, mengatakan Kebumen menjadi satu-satunya kabupaten yang mendapat Anugerah Revolusi Mental 2023 Kategori Gerakan Indonesia mandiri.

"Ini menjadi penyemangat kami untuk terus bekerja keras menjadikan mandiri dan berdaya saing", katanya.

Dengan Moto Kebumen Semarak (Sejahtera Mandiri Berakhlak bersama Rakyat), Bupati bertekad menjadikan Kebumen yang maju, bisa dikenal banyak orang karena potensi yang ada di dalamnya. Upaya itu diwujudkan dalam beberapa program spektakuler.

"Pertama Pemkab Kebumen dianggap sukses menggerakan perekonomian masyarakat dengan menggelar event-event skala nasional, seperti Kebumen International Expo (KIE)," ucapnya.

"Alhamdulillah kita sudah dua kali mengadakan KIE yang sukses mendatangkan ratusan ribu orang dari berbagai daerah," terang Bupati.

Kemudian, lanjut dia, ada juga event Kebumen Mendegam, dan Kebumen Beach Half Marathon yang bakal kembali digelar akhir tahun ini.

Tidak hanya itu pada 2024 mendatang juga bakal digelar KIE. Dengan expo ini, Pemerintah Daerah terus mendorong UMKM Kebumen naik kelas, dengan mempromosikan produknya ke masyarakat luas.

Menurutnya, Pemkab Kebumen saat ini tengah gencar melaksanakan program-program pengembangan usaha mikro. Seperti pelatihan, membuat produk dan analisa usaha.

"Pelaku usaha yang mengikuti pelatihan usaha mikro tersebut diharapkan berhasil mendirikan usaha sendiri," terangnya.

Bupati berpendapat, banyaknya event dan festival yang diadakan di Kebumen sangat positif sekali karena terbukti bisa meningkatkan daya beli masyarakat dalam aspek perdagangan, investasi, dan pariwisata.

"Saat ini pertumbuhan ekonomi Kebumen sudah di atas provinsi," imbuhnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan, Anugerah Revolusi Mental Tahun 2023 yang merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya, menjadi momentum baik untuk memberikan apresiasi dan penghormatan bagi agen perubahan dalam aksi nyata GNRM.

"Ini sekaligus menjawab tantangan dalam pelaksanaannya di tataran grassroot," kata Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir menerangkan, sesuai amanat Inpres No. 12/2016, GNRM memberikan semangat perubahan yang dampaknya dirasakan oleh seluruh komponen bangsa.

Hal itu tercermin dari Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM) tahun 2021 mencapai 70,47, menunjukkan peningkatan 3,46 poin dari capaian tahun 2018 sebesar 67,01.

"Peningkatan ini mencerminkan kemajuan bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Namun demikian, Menko PMK menerangkan, masih diperlukan kolaborasi dan solidaritas yang kuat dari para pelaku perubahan dalam mempraktikkan dan membudayakan nilai-nilai maupun tujuan Revolusi Mental bagi kemajuan bangsa melalui aksi nyata.

"Tujuan dari GNRM adalah terwujudnya penyelenggara negara dan masyarakat yang semakin Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri dan Bersatu, yang turut ditunjukkan oleh tingginya penilaian serta apresiasi masyarakat terhadap implementasi 5 program gerakan tersebut," ungkap dia.

Selanjutnya, keberadaan Gugus Tugas Daerah (GTD) yang diberikan mandat untuk mengelola dan mengonsolidasikan Pusat-Pusat Perubahan GNRM di tingkat daerah.

Berdasarkan data Kemendagri per 7 Desember 2023, telah terbentuk di 34 Provinsi dari 38 Provinsi (89,47 persen) dan di 480 Kabupaten/Kota (93,39 persen).

"Sehingga di tahun 2024, kita harapkan target pembentukan GTD 100 persen dapat tercapai," ucapnya.

Anugerah Revolusi Mental Tahun 2023 ini diberikan kepada 37 pemenang serta 25 penerima apresiasi berdasarkan pada 4 kategori.

Antara lain Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota berdasarkan implementasi 5 Program GNRM, Individu dan Lembaga Berbadan Hukum.

Kemudian, Program Aksi Nyata GNRM serta Rekomendasi Mitra Pelaksana GNRM.

Berikut daftar penerima ARM 2023 kategori Pemerintah Daerah Provinsi:

Kategori Gerakan Indonesia Melayani

1. Provinsi Jawa Timur

2. Kota Surabaya

Kategori Gerakan Indonesia Bersih

1. Provinsi Jawa Barat

2. Kabupaten Banyumas

Kategori Gerakan Indonesia Mandiri

1. Provinsi Kalimantan Timur

2. Kabupaten Kebumen

Kategori Indonesia Bersatu

1. DKI Jakarta

2. Kabupaten Pesawaran

Kategori Indonesia Tertib

1. Kalimantan Utara

2. Kota Bogor.***

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>