Lepas Kendali, Truk Pembawa Paku Bumi Seruduk Dua Toko Karanganyar

www.inikebumen.net KARANGANYAR - Sebuah truk bermuatan delapan batang paku bumi lepas kendali dan menyeruduk dua buah toko di Jalan Revolusi Karanganyar, tepat di depan Pasar Karanganyar.

Lepas Kendali, Truk Pembawa Paku Bumi Seruduk Dua Toko Karanganyar

Kecelakaan tunggal truk besar dengan Nopol L-9004-UZ dari Cilacap tujuan Surabaya terjadi, Jumat (22/9/2017) malam. Beruntung tidak ada korban pada peristiwa yang terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Termasuk sopir truk juga selamat. Namun, kerugian yang diderita dua toko mencapai Rp 50 juuta.

"Kejadiannya pada Jumat malam sekira pukul 23.00 WIB, truk berjalan dari barat ke timur tepat di atas Jembatan Kali Abang Karanganyar truk itu mesin mati (mogok)," terang Anggota Pos Lalu lintas Karanganyar Bripka Taufik.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan lalu lintas terjadi berawal dari mesin truk yang mati mendadak (mogok) di atas Jembatan Kali Abang. Tak disangka, beban truk trailer yang terlalu berat ditambah kondisi jalan menurun justru mengakibatkan truk bermuatan paku bumi itu menabrak dump truk yang menderek. Pengait antar dua kendaraan berat itu lepas. Truk lepas kendali menghantam dua toko.

Lepas Kendali, Truk Pembawa Paku Bumi Seruduk Dua Toko Karanganyar

Bripka Taufik mengatakan, truk yang dikendarai Mukhammad Mujid (22) warga Watang Sawito Pinrang Sulawesi Selatan melintas dari barat ke timur. Dia bergerak dari Cilacap ke Surabaya membawa paku bumi. Truk itu mogok tepat di atas jembatan Kali Abang. Mogoknya truk itu mengakibatkan jembatan amblas.

Baripka Taufik sempat memberi arahan untuk memindahkan truk karena menutup separuh jalan. Namun pengemudi truk bersikeras tidak mengindahkan yang diarahkan petugas lantas.

"Pengemudi beralasan menunggu alat khusus dari dealer truk. Menurutnya kalau menggunakan alat dari bengkel mobil tidak bisa menghidupkan mesin truk trailer itu," ujarnya.

Sabtu sore, truk ditarik dengan bantuan dump truk. Karena beban yang terlalu berat di tambah kondisi jalan menurun, pengait derek lepas dan trailer lepas kendali menghantam toko. Saat kejadian tersebut, pengemudi sempat melompat keluar dari truk. Mukhammad Mujid, pengemudi truk diperiksa petugas di Pos Lantas Karanganyar.

Waka Polres Kebumen, Kompol Christian Aer yang mengecek langsung di TKP mengimbau semua sopir dan pemilik kendaraan pengangkut muatan berat untuk cek dan ricek kelaikan mesin agar tak menimbulkan kendala saat beroperasi mengangkut muatan di jalan raya. (*)
Powered by Blogger.