Meriahkan Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Ikuti Lomba Mancing Lele Berhadiah Motor di Buluspesantren

www.inikebumen.net BULUSPESANTREN - Ribuan warga mengikuti lomba mancing lele di Desa Ranteringin, Kecamatan Buluspesantren, Minggu (24/9/2017). Lomba yang digelar oleh Karang  Taruna desa setempat bekerja sama dengan Anggota Komisi IV DPR RI KRT Darori Wonodipuro, itu dalalm rangka menyambut tahun baru Islam 1439 Hijriah.

Meriahkan Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Ikuti Lomba Mancing Lele Berhadiah Motor di Buluspesantren
Ribuan warga memadati saluran irigasi di Desa Ranteringin, Kecamatan Buluspesantren, untuk mengikuti lomba memancing lele, Minggu (24/9/2017).
Staf Rumah Aspirasi KRT Darori Wonodipuro, Habib Amin Nurohman, mengatakan lomba mancing lele itu sebagai bentuk kreatifitas pemuda desa setempat. Kegiatan tersebut sebagai ajang hiburan bagi masyarakat dan memberikan wadah bagi generasi muda agar menjadi generasi yang aktif dan inovatif.

"Ini juga sebagai ajang silaturahmi antar warga setempat. Sehingga akan memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara warga," ujar Habib, disela-sela acara.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sepeser pun bagi yang mengikutinya. Peserta cukup hanya membawa alat mancing dan umpan. Bagi yang beruntung, mendapatkan ikan lele dalam ukuran jumbo. "Lele yang ditebar panitia di saluran irigasi itu sebanyak 7 kwintal," imbuh Habib.

Ada kurang lebih tujuh kwintal ikan lele yang dimasukkan ke dalam saluran irigasi yang meliintasi desa setempat panjang 750 meter. Peserta diperbolehkan mancing dimananpun asalkan di area sekitar saluran irigasi ini. Untuk masternya, panitia menyiapkan ikan lele seberat 4,5 kilogram. "Panitia juga menyediakan 50 lele berpita yang dapat ditukarkan dengan uang tunai Rp 50 ribu per satu ekor lele yang ada pitanya," imbuhnya lagi.

Pemenang lomba ditentukan dari ikan hasil pancingan dengan bobot paling berat. Siapa yang ikan nya paling berat ketika ditimbang, dialah yang mendapatkan hadiah. Selain itu, pakan juga harus dimakan oleh ikan lele hasil tangkapannya.

Peserta semakin semangat mengikuti lomba karena hadiah yang disediakan panitia cukup menggiurkan. Yakni sepeda motor Honda Beat satu unit, sepeda, kulkas dan barang elektronik lainnya. "Harapannya ini juga dapat menyadarkan warga untuk menjaga kelestarian sungai," kata dia.(*)

Powered by Blogger.