Wakil UPT Disdik Sruweng Raih Juara I Festival Cepetan

www.inikebumen.net KEBUMEN - UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sruweng berhasil meraih juara I Festival Cepetan tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2017. Perwakilan Kecamatan Sruweng ini berhasil menyisihkan 23 peserta lainnya pada acara yang diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Sabtu (2/9/2017).

Wakil UPT Disdik Sruweng Raih Juara I Festival Cepetan
Salah satu adegan pada Festival Cepetan yang digelar di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Sabtu (2/9/2017).
Kemudian peserta perwakilan dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ayah merebut juara II dan juara III diraih Kecamatan Gombong. Sedangkan, juara harapan I Kecamatan Puring, harapan II Kecamatan Kutowinangun dan harapan III Kecamatan Padureso.

Panitia Festival Cepetan, Eko Haryono, menjelaskan sebanyak 24 peserta perwakilan dari 24 UPT Dinas Pendidikan mengikuti festival yang baru pertama kali digelar itu.

"Ada dua kecamatan yang tidak mengirimkan peserta. Yaitu Kecamatan Rowokele dan Kecamatan Sempor," ujar Eko Haryono, disela-sela acara, Sabtu pagi.

Eko mengatakan, peserta yang mengikuti festival tersebut merupakan pelajar SD di masing-masing kecamatan. Mereka menampilkan kemampuannya dalam membawakan kesenian asli Kabupaten Kebumen.

"Tak hanya sekedar menari, tetapi mereka juga membawakan kisah cepetan dengan beragam versi dari masing-masing peserta," terangnya.

Dipilihnya peserta yang masih duduk dibangku sekolah dasar, Eko Haryono, mengungkapkan agar kesenian tradisional lokal asli Kabupaten Kebumen dikenal sejak dini oleh generasi muda.

"Karena yang akan nguri-uri kebudayaan kita nantinya adalah mereka-mereka ini. Jadi kami ingin mengenalkan sejak dini kepada mereka," imbuhnya.

Nantinya, lanjut dia, Festival Cepetan akan digelar rutin setiap tahun sekali. "Intinya ini untuk mengangkat budaya lokal," tandasnya.

Sementara itu, panitia Festival Cepetan memberikan hadiah berupa sejumlah uang tunai, tropi dan piagam penghargaan kepada masing-masing peserta yang berhasil menjadi juara.(*)

Powered by Blogger.