Sukses, Puluhan Ribu Penonton Ramaikan Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Gelaran Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen selama dua hari, Sabtu dan Minggu 7-8 Oktober 2017 terbilang sukses. Sebab, acara berdurasi enam jam yang dibagi menjadi tiga sesi itu dihadiri oleh puluhan ribu warga yang haus hiburan.

Sukses, Puluhan Ribu Penonton Ramaikan Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen
Pedangdut Nita Talia, saat melakukan aksi panggungnya pada gelaran Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen, Minggu (8/10) pagi.
Penelusuran inikebumen.net, mereka yang datang pada acara yang disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi nasional itu tak hanya warga Kabupaten Kebumen. Tetapi banyak juga berasal dari warga tetangga kabupaten. Seperti dari Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Purworejo, bahkan ada yang berasal dari Temanggung.

Rata-rata mereka mengaku mengetahui ada acara Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen dari media sosial dan masifnya pemberitaan. "Saya tahunya kemarin Sabtu di TV. Karena kebetulan sekarang (Minggu) libur, kita ramai-ramai datang untuk nonton langsung," kata Selfi, warga Kawunganten, Cilacap, disela-sela menonton acara tersebut.

Pantauan selama dua hari, Karnaval Inbox SCTV Minggu pagi paling banyak penontonnya. Puluhan ribu manusia tumpah ruah di Alun-alun kebanggan masyarakat Kebumen tersebut. Bahkan mereka rela berdesak-desakan untuk menyaksikan penampilan dari para artis ibukota, yang selama ini hanya bisa melihat di layar televisi.

Pada sesi I, Sabtu 7 Oktober 2017 pagi, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, didaulat untuk membawakan sebuah lagu di panggung spektakuler Karnaval Inbox SCTV. Orang nomor satu di Kebumen itu pun menyumbangkan lagu berjudul Doaku Untukmu Sayang milik Band Wali, yang berduet dengan istrinya.

Bupati mengaku sempat lupa lirik saat membawakan lagu romantis dihadapan warga Kebumen yang menonton langsung di Alun-alun Kebumen. Namun, bupati mampu menutupinya dengan berpura-pura mengajak penonton nyanyi bareng.

Pada gelaran Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen, Sabtu 7 Oktober 2017 Pemkab Kebumen mencoba mengangkat nama tahu Krakal ke kancah nasional. Tak tanggung-tanggung sebuah gunungan besar berbahan ribuan tahu krakal dibuat dan diarak dari halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati ke lokasi digelarnya Karnaval Inbox SCTV di Alun alun Kebumen.
   
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, mengungkapkan Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen yang diselenggarakan selama dua hari, dibiayai menggunakan anggaran APBD Perubahan 2017. Besarnya anggaran untuk acara yang disiarkan langsung melalui televisi nasional SCTV itu mencapai Rp 150 juta.

"Ini termasuk murah. Karena ini menjadi ajang promosi potensi Kebumen," kata Mohammad Yahya Fuad, disela-sela menyaksikan Karnaval Inbox SCTV di Alun-alun Kebumen, Sabtu pagi.

Ia beralasan jika dibandingkan dengan media promosi lain seperti beriklan melalui media nasional, kurang lebih biayanya sama dengan acara tersebut. Belum lagi, melihat fakta di lapangan terkait acara serupa di Kebumen. Yahya Fuad menggambarkan, untuk menghadirkan dua band ibu kota saja, dana Rp 120 juta tak cukup. Juga pengalaman sebelumnya dalam sejumlah even di Kebumen yang menghabiskan dana kurang lebih sama. Bedanya dengan Program Inbok SCTV, acara-acara tersebut tidak diliput media nasional.

Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad, optimis program Inbox SCTV tak hanya sekedar bernilai hiburan. Bupati meyakini program ini sekaligus menjadi sarana efektif untuk mengundang para wisatawan berkunjung ke Kota Beriman.

Dari sisi efektif tidaknya mendongkrak sektor wisata dan ekonomi Kebumen, jelas Yahya Fuad, tentu masih harus ditunggu. Namun demikian, Yahya Fuad yakin cara ini efektif. Setidaknya harus dicoba. Dan dari banyak pilihan, sejauh ini program Inbok SCTV dinilai paling sesuai.

"Kalau tidak berani memilih, nanti kita ya ketinggalan terus. Potensi Kebumen sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain. Yang kurang hanya keterkenalannya. Yang diperlukan saat ini mengenalkannya secara terus menerus dan inilah yang kita lakukan," bebernya.

Gencarnya promosi tersebut, kata Yahya Fuad akan diikuti dengan pembenahan dan melengkapi obyek-obyek wisata di Kebumen. Dia lantas mencontohkan obyek wisata Goa Jatijajar dan mangrove Kecamatan Ayah. Tak kalah penting, menyiapkan masyarakat agar dapat memberikan sambutan yang baik bagi wisatawan yang berkunjung.

Melihat antusiasme masyarakat, bupati merencanakan bakal menggelar kembali acara tersebut pada tahun depan. Bahkan, bukan hanya sekali, tetapi akan digelar dua kali.

Karnaval Inbox SCTV disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi nasional SCTV. Yakni Sabtu 7 Oktober 2017 pukul 06.00-09.00 WIB dan 12.30 WIB-14.30 WIB. Kemudian dilanjutkan Minggu 8 Oktober 2017 pukul 06.00-09.00 WIB.

Puluhan artis ibukota meramaikan program hiburan yang memiliki jumlah pemirsa cukup besar itu. Host di antaranya Uya Kuya dan Ria Ricis serta sejumlah artis/grup band pendukung lainnya. Sejumlah artis dan band meremaiakan acara tersebut antara lain Seventeen, Last Child, Diana Sastra, Virgoun, Zivilia, Pendhoza, dan NDX AKA. Kemudian, Nita Talia, Manis Manja, Gamma1, Thomas Djorgi, Bagindas, Candil dan sederet artis lainnya.(*)
Powered by Blogger.