Hari Jadi Kabupaten Kebumen Terakhir Diperingati Sangat Sederhana

www.inikebumen.net KEBUMEN - Hari Jadi ke-82 Kabupaten Kebumen diperingati sangat sederhana. Tak ada pesta apapun digelar seperti tahun-tahun sebelumnya. Pemkab Kebumen hanya menggelar upacara di Alun-alun Kebumen, yang dilanjutkan dengan ziarah ke makam leluhur pada Senin 1 Januari 2017.
Hari Jadi Kabupaten Kebumen Terakhir Diperingati Sangat Sederhana
Lambang Kabupaten Kebumen dibawa oleh Satpol PP pada upacara Hari Jadi ke-82 Kabupaten Kebumen di Alun-alun Kebumen.
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, mengatakan hal itu dilakukan menyusul akan direvisinya Hari Jadi Kabupaten Kebumen pada tahun ini. Sehingga dimungkinkan mulai tahun depan Hari Jadi Kabupaten Kebumen tidak lagi diperingati pada 1 Januari.

"Upacara kali ini diadakan secara sederhana. Karena dimungkinkan pada tahun ini akan ada perubahan tanggal hari jadi," kata Mohammad Yahya Fuad, saat menjadi inspektur upaca.

Hadir pada upacara tersebut, Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Ketua DPRD Cipto Waluyo, Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Kav Suep, Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen Erry Pudyanto Marwantoro. Selain itu hadir pula mantan Bupati Kebumen, Amin Soedibyo dan Rustriningsih bersama suami.

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, telah memutuskan 21 Agustus 1629 sebagai Hari Jadi Kabupaten Kebumen, yang baru. Namun, pada 1 Januari 2018, Pemkab Kebumen tetap diperingati untuk terakhir kalinya. Alasannya, karena Perda Kabupaten Kebumen Nomor 1 Tahun 1990, belum dicabut maupun direvisi oleh DPRD Kebumen.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD Kebumen sendiri telah memasukan Raperda tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen menjadi salah satu raperda prioritas pada Program Pembentukan Perda 2018. Rencananya Raperda ini akan dibahas DPRD Kebumen pada masa sidang pertama tahun 2018.(*)

Powered by Blogger.