Jalur Pansela Kebumen Siap Dilewati Kendaraan

www.inikebumen.net KLIRONG - Jalan Jalur Selatan Selatan (JJLS) atau kini disebut Jalan Pansela Kebumen siap dilewati kendaraan. Pengecoran jembatan telah selesai dilakukan.
Jalur Pansela Kebumen Siap Dilewati Kendaraan
Sepeda motor melintas di Jembatan Lukulo di Jalur Pansela Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, Rabu pagi, 13 Juni 2018.
"Jalan dan jembatan sudah bisa dilalui kendaraan. Pada prinsipnya sudah bisa dilewati oleh pemudik sesuai jadwal (H-2 Lebaran)," kata Pengawasan Jalan dan Jembatan  PPK 12 Congot-Jladri, Harry, Rabu pagi 13 Juni 2018.

Namun, hingga pukul 10.00 WIB polisi belum membuka jalur tersebut untuk pemudik. Hanya sejumlah kendaraan roda dua yang melintasi jalan baru itu. "Kita tunggu perintah dari Polres Kebumen, pada prinsipnya kami sudah siap," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, mengatakan Jalur Pansela akan mulai dibuka fungsional mulai H-2 Lebaran hingga H+7 Lebaran. Namun, jalur nasional ini hanya dibuka untuk pemudik pada siang hari. Yakni mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

"Karena ini hanya fungsional kita buka siang hari mulai jam 7 sampai 17 setelah itu malam hari tidak kita lewati," ujar Kapolres Kebumen, bersama Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfud dan Forkompimda saat meninjau kesiapan Jembatan Lukulo bersama Forkompimda di Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, Sabtu 9 Juni 2018 pekan lalu.

Sejumlah alasan jalur ini tidak dianjurkan dilalui pada malam hari diantaranya, di sepanjang jalur 38 kilometer ini belum terpasang lampu penerangan jalan. Selain itu, pada malam hari banyak masyarakat yang memanfaatkan badan jalan untuk tiduran, sehingga sangat membahayakan pengguna jalan maupun masyarakat setempat.

"Karena ini belum selesai 100 persen, maka jalur ini dijadikan jalur alternatif kalau Jalan Daendels padat baru kita alihkan kesini," imbuhnya.

Adapun kendaraan yang dibolehkan melintasi Jalur Pansela nantinya hanya kendaraan pribadi dan roda dua. Selebihnya harus tetap melewati Jalan Daendels. "Kita siapkan personel yang mengatur maupun menyeleksi kendaraan yang boleh lewat jalur ini," tegasnya.(*)
Powered by Blogger.