Header Ads

Malam ini, Ada Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga 2018 di Karangsambung

www.inikebumen.net KEBUMEN - Panitia Festival Film Purbalingga (FFP) menggelar layar tancap di Dusun Pesanggarahan Desa/Kecamatan Karangsambung, malam ini, Senin 9 Juli 2018. Pemutaran film dimulai pukul 19.30 hingga 22.00 WIB.
Malam ini, Ada Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga 2018 di Karangsambung
Festival Film Purbalingga 2018
Acara bertajuk Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga 2018 ini akan memutar film-film karya para sineas Banyumas Raya dan Kebumen yang menjadi peserta festival film tersebut.

Koordinator Lokasi Pemutaran Layar Tanjleb FFP 2018 di Kebumen, Ridho Saputro, menjelaskan Kabupaten Kebumen mendapat jatah dua titik lokasi layar tancap. Yaitu di Dusun Pesanggrahan, Desa/Kecamatan Karangsambung, Senin, 9 Juli 2018. Kemudian  di Perum Jatisari Indah Desa Jatisari, Kecamatan, pada Selasa, 10 Juli 2018.

"Proses pendaftaran dan pemilihan lokasi sudah berjalan sebulan sebelum pelaksanaan," kata Ridho Saputro, melalui siaran persnya, Senin siang.

Ridho menjelaskan, dari delapan titik lokasi yang mendaftarkan, terpilih tiga lokasi yang memenuhi syarat. Dimana ada panitia lokal yang siap kerjasama di lapangan, biasanya dari kelompok karang taruna desa setempat. "Tapi akhirnya hanya dua lokasi yang dipastikan siap," ucapnya.

Festival Film Purbalingga (FFP) sebagai satu-satunya festival film berskala nasional di Jawa Tengah yang konsisten dengan program kompetisi untuk pelajar se-Banyumas Raya kembali menyambangi Kebumen.

Pada 2018 yang merupakan gelaran ke-12, FFP berhasil menjaring 8 film dokumenter dan 5 film fiksi karya pelajar Kebumen dari puluhan film yang masuk mendaftar. Film-film tersebut akan diputar dengan format layar tancap ke 17 titik di kabupaten Purbalingga, Kebumen, Cilacap, Banyumas, dan Banjarnegara.

Tidak hanya memutarkan film pendek kompetisi pelajar se-Banyumas Raya dan karya sineas dari daerah lainnya. Program Layar Tanjleb FFP tahun ini juga memutarkan film panjang yang telah diapresiasi di berbagai festival baik nasional maupun internasional besutan sutradara Kamila Andini berjudul Sekala Niskala.

Program Layar Tanjleb FFP dari tahun ke tahun bisa menjadi ajang melatih kecakapan sumber daya manusia film baru di kabupaten Kebumen. Serta daerah lainnya yang terkait dalam mengelola sebuah festival film berkualitas dan terbukti konsisten bertahan selama belasan tahun dimana banyak volunteer terlibat didalamnya.(*)

Powered by Blogger.