Jateng Runner Up, MTsN 1 Kebumen Sumbang Satu Perak

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kontingen Jawa Tengah harus puas menjadi runner up dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018 yang berlangsung di Bengkulu, 24-29 September 2018.
Jateng Runner Up, MTsN 1 Kebumen Sumbang Satu Perak
Siswa kelas IX A MTs Negeri 1 Kebumen, Khafidz Hidayat, meraih medali perak setelah menjadi juara kedua KSM untuk pelajaran IPA Terintegrasi.
Raihan total 16 medali, terdiri dari 5 medali emas, 7 medali perak dan 4 perunggu tak mampu menandingi prestasi Jatim. Untuk ketujuh kalinya Jatim keluar sebagai juara umum dengan total menyabet 40 medali, 8 emas, 18 perak dan 14 perunggu. Sementara DKI Jakarta harus puas dengan posisi ketiga memperoleh 6 medali, yakni 4 emas dan 2 perunggu.

Salah satu medali perak yang diraih Jateng disumbangkan oleh Khafidz Hidayat, siswa kelas IX A MTs Negeri 1 Kebumen. Anak Pejagoan ini meraih medali perak setelah menjadi juara kedua KSM untuk pelajaran IPA Terintegrasi.

Dalam laporannya Dirjen Pendidikan Islam yang juga Ketua Komite Nasional Kompetisi Sains Madrasah 2018 Kamaruddin Amin menyatakan, untuk pertama kalinya KSM yang digelar di Bengkulu mengunakan
Computerized-Based Test.

"Tahun ini untuk pertama kalinya KSM digelar menggunakan Computerized-Based Test serta menggunakan soal dengan pendekatan integrasi sains dan ilmu keislaman," kata Kamaruddin Amin, dalam laporannya di hadapan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat penutupan Jumat malam, 28 September 2018.
Jateng Runner Up, MTsN 1 Kebumen Sumbang Satu Perak
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin foto bersama dengan para pemenang KSM 2018.
Pada KSM tahun ini diikuti 104 ribu peserta KSM di tingkat Kabupaten/Kota, 528 siswa di antaranya berhasil maju ke tingkat nasional.

"Total 132 medali diperebutkan, yakni 33 medali emas, 44 medali perak, dan 55 medali perunggu," ujar Kamaruddin Amin.

Untuk tingkat MI/SD, KSM 2018 diikuti oleh 105 siswa dengan 2 bidang lomba, yaitu Matematika dan Sains IPA.

Sementara untuk tingkat MTs/SMP, kegiatan ini diikuti oleh 142 siswa dengan 3 bidang lomba, yaitu Matematika, IPA, dan IPS.

Sedangkan untuk tingkat MA/SMA, kegiatan KSM diikuti oleh 281 peserta, dengan enam matapelajaran yang dilombakan, yaitu: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.(*)

Powered by Blogger.