Header Ads

Duh! Hingga Hari Keempat Tes CPNS Kebumen, Hanya 5 Persen Peserta Lolos Passing Grade

www.inikebumen.net MAGELANG - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Kebumen digelar mulai Sabtu hingga Rabu, 10-14 November 2018 di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Jalan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo Magelang.
 Hingga Hari Keempat Tes CPNS Kebumen, Hanya 5 Persen Peserta Lolos Passing Grade
Peserta seleksi CPNS mengikuti tes SKD di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Jalan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo Magelang.
Hingga hari keempat, sebanyak 5.323 peserta hadir mengikuti seleksi yang digelar lima sesi dalam sehari. Dari jumlah yang mengikuti ujian tes kompetensi dasar, dengan menggunakan sistem computer asisted test (CAT), hanya 277 peserta yang dinyatakan memenuhi passing grade (PG) sebagaimana diatur Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 37 Tahun 2018.

Adapun rinciannya, pada hari pertama, Sabtu 10 November 2018 dari 1.329 peserta yang mengikuti seleksi yang lolos passing grade sebanyak 92 orang. Kemudian, pada Minggu 11 November 2018 dari 1.341 peserta yang lolos passing grade hanya 77 orang.

Kemudian, Senin 12 November 2018 sebanyak 1.332 peserta lolos passing grade 19 orang. Sedangkan, Selasa 13 November 2018 dari 1.321 peserta yang lolos passing grade hanya 89 orang.

Minimnya peserta yang lolos seleksi menjadi perhatian serius Sekretaris Daerah (Sekda) Ahmad Ujang Sugino, saat meninjau pelaksanaan seleksi SKD di
Gedung Wiworo Wiji Pinilih Magelang, Rabu 14 November 2018.

"Ini menjadi keprihatinan kita, ini akan dievaluasi secara nasional. Karenan terjadi bukan hanya untuk Kebumen, tetapi di semua tempat seperti ini," terang Ahmad Ujang Sugiono.

Pihaknya berharap, nantinya akan ada kebijakan dari panitia seleksi nasional sehingga formasi CPNS di Kabupaten Kebumen akan tetap terpenuhi. "Kita tetap mengharapkan tahun depan akan ada seleksi CPNS lagi untuk Kebumen," ujarnya.

Meski banyak yang tidak lolos passing grade, Ahmad Ujang Sugiono, tetap memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan seleksi CPNS untuk Kebumen. Sebab, penyelenggaraan lebih objektif. "Semua peserta bisa menilai diri masing masing. Sehingga tidak ada suudzon," imbuhnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kebumen, Supriyandono, sebanyak 6.236 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Kebumen yang dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Jumlah peserta SKD merupakan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Yakni dari total 7.300 pelamar yang dinyatakan lolos administrasi sebanyak 6.236 pelamar.

Dalam satu hari, lanjut Supriyandono, SKD digelar lima sesi, yang setiap sesinya diikuti oleh 270 orang. Hal ini lantaran komputer yang disediakan jumlahnya 270 unit.

Ia menambahkan, untuk melewati tahap SKD CPNS 2018, pelamar harus melewati angka passing grade yang telah ditentukan pada tiap jenis soal. Di soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) pelamar CPNS 2018 harus meraih passing grade minimal 143.

Untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), nilai minimalnya adalah 80. Sedangkan tes wawasan kebangsaan (TWK) nilai minimalnya adalah 75. Apabila pelamar CPNS 2018 tak mampu melewati batas nilai minimal itu maka mereka langsung dinyatakan gugur walaupun memiliki nilai total yang tinggi.

"Bagi yang dinyatakan lolos nantinya, mereka juga akan mengikuti Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) yang juga menggunakan CAT," imbuhnya.

Dia berharap, para pelamar untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi lanjutan tersebut. Terlebih, tidak ada yang bisa menolong untuk lolos seleksi, kecuali peserta itu sendiri. "Dasarnya ya SKD ini. Kalau ini lolos, ya bisa lolos," ucapnya.(*)


Powered by Blogger.