Header Ads

Hari ini, Sekda Kebumen Terpilih Bakal Dilantik

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen terpilih diagendakan bakal dilantik hari ini, Jumat siang, 9 November 2018.
  Hari ini, Sekda Kebumen Terpilih Bakal Dilantik
Mahmud Fauzi, saat dilantik menjadi Pj Sekda Kebumen oleh Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, pada April 2018.
Berdasarkan undangan yang beredar, Sekda baru tersebut akan dilantik oleh Wakil Bupati Yazid Mahfudz, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, pukul 14.00 WIB.

Sekda Kebumen terpilih yang dilantik hari ini merupakan kandidat tiga besar hasil Seleksi Terbuka (lelang jabatan) beberapa waktu lalu. Ketiga kandidat tersebut berturut-turut adalah Ahmad Ujang Sugiono (Kepala Dinas Pendidikan), Siti Kharisah (Sekretaris DPRD Kebumen) dan Widiatmoko (Asisten 3 Sekda).

Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, menegaskan pelantikan tersebut setelah SK dari Kementerian Dalam Negeri diterima Rabu 7 November 2018. Sayangnya, Gus Yazid (sapaan akrabnya) masih belum mau menyebutkan nama Sekda yang dipilihnya itu.

"Inikan masih rahasia negara. Jadi belum ada yang tahu, tahunya setelah diumumkan oleh protokol," kata Yazid Mahfudz, saat dihubungi melalui ponsel pribadinya, Kamis sore.

Gus Yazid mengatakan, tiga kandidat Sekda diundang pada acara yang rencananya digelar usai Salat Jumat itu. "Setiap pejabat yang akan dilantik kan begitu, tahunya mereka mendapat undangan," ujarnya.

Meski masih enggan menyebutkan nama, Gus Yazid, menegaskan Sekda yang akan dilantik merupakan tiga kandidat hasil seleksi dari Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen. Nama tersebut telah melalui proses uji publik dan dikonsultasikan dengan Gubernur Jawa Tengah.

"Rekomendasinya sudah jelas, saya juga telah mengkomunikasikan dengan DPRD, birokrasi. Termasuk minta masukan dari OPD sampai Forkopimda. Saya mohon maaaf, namanya besok saja," terangnya.

Disisi lain, Gus Yazid menyebut Sekda tepilih nantinya harus bersedian menandatangani delapan pakta integritas. Diantaranya, harus loyal terhadap pimpinan, bekerja sesuai aturan. Kemudian, harus berani memberantas korupsi dan nepotisme di Kabupaten Kebumen, hingga harus berani memberikan masukan kepada bupati jika kebijakannya tidak sesuai aturan. "Jadi Sekda harus berani mengingatkan bupati dan bawahan," tandasnya.

Untuk diketahui, pada masa pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Sekda Kebumen lalu ada sembilan ASN mendaftarkan diri. Kesembilan orang itu, yakni Moh Amirudin (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Y Rini Kristiani (Kepala Dinas Kesehatan), Ahmad Ujang Sugiyono (Kepala Dinas Pendidikan), Azam Fatoni (Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata).

Kemudian, Siti Kharisah (Sekretaris DPRD), Dwi Suliyanto (Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM), dan Widiatmoko (Asisten Administrasi Sekda).

Selanjutnya, Pengawas SMK Balai Pendidikan Menengan dan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Warjan. Serta Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Kebumen, Dr Suratno. Namun, Suratno akhirnya dinyatakan tidak lulus administrasi sebagai pendaftar calon sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Kebumen. Sehingga hanya delapan orang yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya.

Secara mengejutkan, Kepala Disporawisata Azam Fatoni, mengundurkan diri dari seleksi pada tahapan uji gagasan tertulis atau penulisan makalah. Sehingga hanya tujuh peserta yang mengikuti seleksi hingga tahapan terakhir. Pansel pun mengumumkan tiga nama yang diusulkan ke Plt Bupati Kebumen menjadi calon sekda pada Sabtu 18 Agustus 2018.

Ketiganya yakni Ahmad Ujang Sugiono (Kepala Dinas Pendidikan), Siti Kharisah (Sekretaris DPRD) dan Widiatmoko (Asisten Administrasi Sekda Kebumen).(*)
Powered by Blogger.