Header Ads

Catet Jadwalnya! 31 Maret ini, Babad Sruni Bakal Dipentaskan di Taman Mini

Catet Jadwalnya! 31 Maret ini, Babad Sruni Bakal Dipentaskan di Taman Mini
Para penari latihan pementasan "Pusaka Kyai Jabardas" di Aula Dinas Pendidikan Kebumen.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Tim Duta Seni Kabupaten Kebumen, bakal pentas di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Minggu, 31 Maret 2019 mendatang. Tahun ini, akan menampilkan drama tari dengan lakon "Pusaka Kyai Jabardas".

Koreografer Pementasan, Eko Haryono, menjelaskan drama tari "Pusaka Kyai Jabardas", bercerita tentang Babad Sruni. Yakni upaya Tumenggung Ki Kertinegara dari Katemunggungan Sruni untuk melepaskan rakyatnya dari penindasan Raja Mataram, Prabu Amangkurat Agung. 

"Pementasan tahun ini dari Sanggar Handayani Dinas Pendidikan yang akan mengkolaborasikan antara Kesenian Jemblung dengan tari," ujar Eko Haryono, Jumat, 15 Maret 2019.

Pementasan kolosal yang melibatkan 50 seniman it disutradarai oleh seniman kawakan Kebumen, Bambang Eko Susilohadi. Kemudian, koregrafer oleh Eko Haryono, pelatih tari dan karawitan oleh Sutarso dan Endang Purwatiningsih.

Sedangkan, para pemain Ki Kertinegara diperankan oleh Subagyo, Prabu Amangkurat oleh Gim Warjito, Trunoyudo oleh Eko Haryono. Permaisuri oleh Ny Dede Siswoyo, dan penari dari Sanggar Seni Handayani Dinas Pendidikan Kebumen.

Pementasan tersebut, kata dia, untuk nguri-uri kebudayaan jawa, juga untuk mengenalkan Babad Sruni yang selama ini masih banyak orang belum mengetahuinya. Juga untuk mengembangkan dan memperkenalkan kesenian yang ada di Kabupaten Kebumen.

Selain itu pentas ini merupakan media bagi para seniman untuk menampilkan kreativitasnya. Untuk mematangkan pementasan itu, pihaknya telah berkali-kali menggelar latihan di Aula Dinas Pendidikan.

Selain menampilkan pergelaran tari, juga akan dipamerkan berbagai potensi produk unggulan dan pariwisata  Kabupaten Kebumen. Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono dijadwalkan akan menyaksikan langsung pementasan tersebut.

Disamping itu, juga warga Kebumen, yang berada di perantauan, seperti Ikatan Warga Asal Kabupaten Kebumen (IWAKK) Walet Emas, Ikatan Kanca Lawas Gombong (IKLG), Paguyuban Pendengar Radio Kebumen-Banyumas, serta warga Kebumen yang tinggal di sekitar Jabodetabek.(*)
Powered by Blogger.