Dari Balik Kepulan Asap Dapur, Terbitlah Sebuah Buku Kader PKK

Dari Balik Kepulan Asap Dapur, Terbitlah Sebuah Buku Kader PKK
Buku karya Yuniati Zainul Khasanah
www.inikebumen.net KEBUMEN - Yuniati Zainul Khasanah, Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen,  yang juga Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) I TP PKK Kecamatan Kebumen membuat gebrakan unik.

Di sela kesibukan pokoknya sebagai ibu rumah tangga, terbitlah sebuah buku yang diberi judul "Pemberdayaan Perempuan dan Ketahanan Keluarga".

Buku tersebut rencananya akan diluncurkan dan dibedah di Gedung PKK Kabupaten Kebumen Kamis, 4 April 2019, pukul 09.00 WIB hingga selesai. Dalam kegiatan tersebut dijadwalkan akan dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz.

Buku "Pemberdayaan Perempuan dan Ketahanan Keluarga" merupakan kumpulan opini dan berita kegiatan yang diikuti penulisnya di media cetak dan media online Kebumen. Prakata penulisnya menyebut "Sekadar Gagasan dari Balik Kepulan Asap Dapur". Karena apa yang kemudian diwujudkan dalam bentuk gagasan tertulis atau tanggapan terhadap sebuah peristiwa, bermula dari percakapan dengan suaminya (Kang Juki) di sela menuntaskan pekerjaan dapur.

Meski demikian, gagasan-gagasannya cukup menggelitik, hanya karena kemasannya opini, tidak seluruhnya tuntas mengupas dan membahasnya.

"Setidaknya untuk memulai wacana agar bisa menjadi perhatian masyarakat," jelas Yuniati terkait topik-topik dalam bukunya.

Ada opini tentang kurikulum pendidikan keluarga, mengelola rumah tangga pejabat, figur istri bupati, legislator perempuan sampai whats app group (wag) wali siswa. Sementara terkait kegiatan ada masalah kebencanaan, pergaulan remaja, kasus bunuh diri sampai pelaporan kepada instansi terkait tentang lingkungan sekitar.

Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz yang memberikan pengantar dalam buku tersebut, menyambut gembira.

"Mungkin baru kali ini seorang pengurus TP PKK Desa di Kabupaten Kebumen menerbitkan buku. Menurut saya hal ini sebuah langkah maju untuk lebih menyebarluaskan gagasan dan pemikiran kepada masyarakat," tulis Zuhroh.

Gagasan yang disampaikan dalam buku tersebut, menurut Zuhroh bisa menginspirasi langkah-langkah kongkret menghadapi berbagai permasalahan masyarakat di Kabupaten Kebumen, khususnya melalui gerakan PKK. Karena itu Zuhroh berharap, penulisnya tidak berhenti hanya sampai menerbitkan buku, tapi bisa melanjutkan kiprahnya dalam gerakan PKK.

"Bagi kader-kader dan pengurus PKK lainnya, semoga buku ini bisa menginspirasi untuk membuat langkah dan terobosan lainnya dalam mendorong gerakan PKK bermanfaat bagi masyarakat," harap Zuhroh.

Pada acara peluncuran juga akan dilakukan bedah buku dengan menghadirkan nara sumber Sabrur Rahim Soenardi (penulis asal Kebumen yang kini berdomisili di Yogyakarta), Heri Pramono (Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kebumen), Septi Masyitoh (Manajer Diklat PKU Muhammadiyah Gombong) dan Widyastuti (Wakil Kepala MIN 1 Kebumen). Bedah buku akan dipandu moderator Akhmad Khoirul Fahmi (mahasiswa S2 Komunikasi Unsoed Purwokerto).

Bagi yang berminat mengikuti bisa langsung hadir tanpa dipungut biaya dan akan mendapatkan buku tersebut secara gratis.(*)
Powered by Blogger.