Gelar Pasar Murah, Dua Gereja di Kebumen Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Gelar Pasar Murah, Dua Gereja di Kebumen Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Kantong Plastik
Warga mendapatkan paket sembako seharga Rp 50 ribu dikemas menggunakan karton
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 500 paket sembako dijual pada kegiatan bakti sosial Pasar Murah Ramadhan Berbagi di Komplek Sekolah Terpadu Pius Bakti Utama Kebumen, Minggu, 19 Mei 2019. Acara tersebut diselenggarakan oleh Gereja Katolik St Yohanes Maria Vianney bekerja sama dengan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kebumen dan Komunitas Gusdurian Kebumen.

Panitia Pasar Murah Ramadhan Berbagi Susilo Ari, menjelaskan Satu paket sembako dijual dengan harga Rp 50.000. Adapun komoditas yang dijual adalah paket bahan kebutuhan pokok. Yang terdiri dari 5 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 220 ml kecap manis, teh, kopi dan mie telor.

"Paket sembako dikemas dalam karton, mengurangi penggunaan kantong plastik. Di luar paket itu, dijual pula paket telor ayam dan pakaian murah, tentu dengan harga yang murah," ujar Susilo Ari, disela-sela acara.

Menurutnya, seluruh komoditas tersebut merupakan hasil donasi dari berbagai pihak. Selain komoditas yang disediakan panitia, pengunjung juga bisa membeli produk dari distributor Indofood yang turut berpartisipasi membuka stand pada kegiatan pasar murah itu.

"Khusus untuk paket kebutuhan pokok dan telor ayam, pembeli harus dapat menunjukkan kupon belanja yang seminggu sebelumnya telah didistribusikan," terangnya.

Selain paket sembako, pasar murah di Sekolah Pius Bhakti Utama Kebumen juga dijual pakaian murah.
 Ia menambahkan, sasaran pasar murah tersebut yakni para keluarga muslim yang berdaya beli rendah. Ini sesuai dengan tujuan diadakannya pasar murah, yaitu meningkatkan daya beli keluarga yang menjalankan ibadah puasa ramadan di tengah trend meningkatnya harga bahan-bahan kebutuhan pokok.

"Tujuan lainnya adalah semakin meningkatkan kerjasama antar umat beragama dan memelihara rasa solidaritas sosial," imbuhnya.

Pada kegiatan Pasar Murah Ramadan Berbagi, pihak sekolah juga akan membagikan takjil gratis di depan sekolah bagi para pelintas ruas Jalan Pahlawan Kebumen.(*)
Powered by Blogger.