Simulasi! Tak Puas Hasil Pilkades, Sekelompok Massa Geruduk Kantor Bupati Kebumen

Polres Kebumen menggelar simulasi pengamanan Pilkades serentak. Simulasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede digelar sepekan menjelang hari pemungutan suara Pilkades 25 Juni 2019 mendatang.
Simulasi! Tak Puas Hasil Pilkades, Sekelompok Massa Geruduk Kantor Bupati Kebumen
Pada simulasi diperagakan massa saling dorong dengan petuugas. (Foto: Humas Polres Kebumen)
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sekelompok massa yang tidak puas dengan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak mendemo Bupati Kebumen. Massa menilai telah terjadi kecurangan pada pelaksanaan pilkades, sehingga mereka menuntut pilkades ulang.

Adegan tersebut hanya terjadi pada simulasi pengamanan Pilkades yang diselenggarakan di halaman Polres Kebumen, Rabu, 19 Juni 2019. Simulasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede digelar sepekan menjelang hari pemungutan suara Pilkades 25 Juni 2019 mendatang.

Pada simulasi itu, adegan pertama memperagakan panitia Pilkades mengecek bilik suara berserta kelengkapannya.

Selanjutnya calon Kades Desa Sidimundur, yang diperankan oleh personel Sat Reskrim Polres Kebumen juga dilibatkan dalam simulasi yang dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan Pemilu, tingkat desa itu.

Namun dalam pelaksanaan simulasi, situasi dibuat agak kurang kondusif, dimana saat terjadi perbedaan pendapat tentang penghitungan suara, membuat suasana memanas oleh salah satu saksi calon Kades.

Sesuai Pasal 39 Perda 10 tahun 2016, tentang tugas panitia Pilkades, saksi yang membuat keributan diamankan Polri dan TNI yang melaksanakan tugas pengamanan.

Setelah diamankan, penghitungan kembali dilanjutkan tanpa ada saksi dari salah satu pihak calon Kades.

Situasi memanas dan berlanjut, ketika sekolompok orang membuat rusuh dan menganggap pelaksanaan Pilkades di Desa Sidimundur Kebumen penuh kecurangan.

Demo dan aksi anarkis terjadi di kantor Bupati Kebumen. Masa menggeruduk kantor Bupati dan menuntut pemilu untuk diulang.

Masa yang semakin anarkis, petugas gabungan dari Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen serta Satpol PP melakukan tindakan terukur dan mendorong balik masa anarkis.

Sehingga masa yang semula melakukan aksi anarkis bisa segera dipukul mundur dengan melibatkan Dalmas gabungan TNI-POLRI dan Sat Pol PP.

Sejumlah pelaku anarkis yang diduga menjadi dalang atau provokator kerusuhan diamankan petugas dalam aksi itu.

"Simulasi ini dibuat sedemikian rupa, sehingga jika sewaktu-waktu menjumpai situasi semacam ini, para personel pengamanan mempunyai gambaran," jelas Robertho Pardede, disela-sela simulasi.

Pihaknya berharap, kejadian tersebut hanya terjadi pada simulasi saja. Pelaksanaan Pilkades di Kebumen akan berjalan dengan aman lancar dan kondusif.

"Ini hanya latihan, agar personel pengamanan mempunyai gambaran saat melaksanakan tugas pengamanan Pilkades," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.