Gus Yazid Sedang Mencari Nama yang Cocok untuk Pendopo Bupati Kebumen, Ada Usulan?

Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen akan segera memiliki nama baru. Misal, namanya Pendopo Arungbinang, Pendopo Jenderal Sarbini atau nama lainnya yang pantas.
Gus Yazid Sedang Mencari Nama yang Cocok untuk Pendopo Bupati Kebumen, Ada Usulan?
Inilah Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, yang rencanananya akan diberi nama khusus.
www.inikebumen.net KARANGANYAR - Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen yang selama ini belum memiliki nama, menjelang Hari Jadi ke-390 akan segera diberi nama khusus. Saat ini, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, sedang mencari nama yang tepat untuk pendopo tersebut.

"Saya memang sudah berangan-angan (ingin memberi nama pendopo), cuma belum saya sampaikan kepada OPD terkait," ujar Yazid Mahfudz, usai membuka kegiatan Evaluasi Balita Sehat dan Lomba Senam Lansia tingkat Kabupaten Kebumen di Hotel Candisari Karanganyar, Senin 8 Juli 2019.

Menurutnya, selain untuk memudahkan dalam penyebutan tempat, pemberian nama baru tersebut sangat penting sebagai identitas daerah.

"Ini juga sebagai kebanggaan kita, warga Kabupaten Kebumen," kata Gus Yazid, yang didampingi Asisten Sekda Hery Setyanto.

Selain itu, hampir di semua kabupaten/kota pendopo kabupaten memiliki nama khusus. Seperti Pendopo Si Panji di Kabupaten Banyumas, Pendopo Dipayudha di Banjarnegara, Pendopo Wijayakusuma di Cilacap dan Pendopo Dipokusumo di Purbalingga.

"Kita akan segera mengkajinya untuk nama apa yang pantas. Misalnya Pendopo Arungbinang, atau dengan nama tokoh yang sudah menasional seperti Jenderal Sarbini. Bisa juga nama ulama atau pahlawan asal Kebumen," terangnya.

Bupati menegaskan, pihaknya juga secara terbuka menerima usulan dari masyarakat.

"Kita butuh usulan dari masyarakat. Seperti saat kita merubah Hari Jadi (Kabupaten Kebumen) kan kita melibatkan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, mulai tahun ini, untuk pertama kalinya Kabupaten Kebumen akan merayakan hari jadinya pada 21 Agustus.

Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang baru itu berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 3 Tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang semula 1 Januari 1936 kini diubah menjadi 21 Agustus 1629. Maka terhitung mulai 21 Agustus 2019 Kabupaten Kebumen genap berusia 390 tahun.

Cikal bakal berdirinya Kabupaten Kebumen yang tak terpisahkan dari sosok Kiai Brodonolo. Sosok kepahlawanan Kiai Brodonolo yang berperan penting dalam membantu Sultan Agung ketika hendak menyerang kolonial Belanda di Batavia.

Kiai Bodronolo adalah utusan kerajaan Mataram yang diberi amanah oleh Sultan Agung untuk mempersiapkan perbekalan logistik buat prajurit Mataram yang akan berperang melawan kolonial Belanda.

Mendapat titah dari Sultan Agung maka Kiai Brodonolo menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan memusatkan perbekalan logistik
di wilayah Panjer Kebumen.

Atas jasanya tersebut maka Sultan Agung pun memberikan penghargaan kepada Kiai Brodonolo sebagai Kyai Ageng Gede Panjer sekaligus diberikan kekuasaan sepenuhnya untuk memimpin wilayah Panjer.

Mendasari kisah sejarah kepahlawanan Kiai Brodonolo maka Pemerintah Kabupaten Kebumen melakukan penelusuran, penelitian dan pengkajian yang mendalam sebelum  ditetapkannya hari jadi Kabupaten Kebumen yakni 21 Agustus 1629.(*)
Powered by Blogger.