Gus Yazid Tegaskan Tak Ada Intervensi di Seleksi Tambahan Baka Calon Kades

Seleksi tertulis dilakukan secara terbuka dan tidak ada peserta titipan untuk diloloskan.
Gus Yazid Tegaskan Tak Ada Intervensi di Seleksi Tambahan Balon Kades
Bupati Kebumen meninjau pelaksanaan seleksi tertulis bakal calon kepala desa
www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 28 bakal calon kepala desa mengikuti seleksi tambahan berupa tes tertulis di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Rumdin Bupati Kebumen, Senin, 14 Oktober 2019. Mereka berasal dari lima desa yang memiliki bakal calon kepala desa lebih dari lima orang.

Yaitu Desa Lajer Kecamatan Ambal, Patemon Kecamatan Gombong, Pejagoan Kecamatan Pejagoan, Ori Kecamatan Kuwarasan dan Wonorejo Kecamatan Karanganyar.

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, memantau langsung tes tertulis tersebut. Turut mendampingi Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0709/Kebumen Mayor Chb Dapotma Pandiangan, dan Kepala Kesbangpol Nurtaqwa Setyabudi.

Bupati menegaskan, seleksi tertulis dilakukan secara terbuka dan tidak ada peserta titipan untuk diloloskan.

"Kami tegaskan seleksi ini tidak ada intervensi dari pihak manapun. Bagi yang lolos itu murni dari hasil kerja keras para bakal calon kades," tegas Yazid Mahfidz, disela-sela memantau tes tertulis.

Ia meminta kepada bakal calon kepala desa agar bersama-sama menjaga kondusifitas di desanya masing-masing. Meski nantinya akan ada beda pilihan pada Pilkades mendatang, Bupati berharap tetap dapat menjaga kerukanan dan tali silaturahmi.

"Beda pilihan itu hal yang biasa. Persaudaraan, kerukukan dan tali silaturahmu antar warga harus terus dijaga," imbuhnya.

Bupati berharap melalui Pilkades serentak tahap III akan terpilih kepala desa yang mampu membangun desanya. Apalagi anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) rata-rata Rp 1 miliar setiap desa butuh kepala desa mumpuni.

"Ini butuh pengelolaan yang benar dan benar-benaar untuk masyarakat serta dapat dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Kepala Dispermades P3A Kebumen Frans Haidar, mengatakan setelah hasil ujian tertulis akan diumumkan oleh Panitia Pilkades di masing-masing desa pada Selasa, 15 Oktober 2019. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan penetapan calon kepala desa dan pengundian nomor urut.

"Peringkat pertama sampai dengan lima itu yang ditetapkan sebagai calon kepala desa," ujar Frans Haidar.

Setelah itu, nantinya seluruh calon kepala desa akan melakukan deklarasi Pilkades Anti Wuwuran pada 18 Oktober 2019 di Pendopo Rumdin Bupati.

Sedangkan, pelaksanaan Pilkades serentak tahap III akan diselenggarakan pada 5 November 2019 yang diikuti oleh 54 desa.(*)
Powered by Blogger.