Pilkades Serentak di Kebumen, Calon Kades Terpilih Diminta Rangkul Lawannya

Pilkades di Kebumen telah selesai
Pilkades Serentak di Kebumen, Calon Kades Terpilih Diminta Rangkul Lawannya
Warga Desa Pejagoan memasukan surat suara ke dalam kotak suara
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Kebumen telah usai. Semua kepala desa yang terpilih diminta untuk merangkul semua rivalnya agar bersama-sama membangun desanya. Termasuk menyatukan kembali warga yang berbeda pilihan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, saat melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades serentak 5 November 2019.

Wakil Bupati mengemukakan, semua desa yang menyelenggarakan Pilkades telah berjalan lancar dan kondusif. Tidak ada gangguan yang menggagal pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu.

"Saya lihat antusias masyarakat cukup tinggi untuk menggunakan hak suaranya," ujarnya disela-sela monitoring.

Ia berharap siapapun calon kepala desa yang terpilih merupakan pilihan masyarakat. Yang dapat merangkul semua elemen masyarakat yang ada didesanya.

"Setelah ini Pilkades selesai. Semua kalangan harus kembali dirangkul untuk bersama-sama membangun desa. Karena pembangunan hanya bisa dilakukan bersama," tegasnya.

Monitoringan dilakukan bersama Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kepala Kejari Kebumen Erry Pudyanto Marwantono. Kepala Satpol PP Kebumen R Agung Pambudi, Kepala Disdukcapil Kebumen Maskhemi, serta sejumlah pejabat lainnya.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, menambahkan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Kebumen berjalan lancar.

"Sampai saat ini yang mengarah ke gangguan nyata tidak ada. Semua lancar dan masyarakat nyaman," terang Rudy Cahya Kurniawan.

Polres Kebumen menerjunkan sedikitnya 320 personel untuk mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

"Polres Kebumen menerjunkan 320 personel, dan "dibackup" oleh Brimob Kutoarjo, Dalmas Resor Purworejo, Dalmas Resor Cilacap dan Dalmas Resor Banyumas," kata Kapolres Kebumen.

"Para personel dari Brimob dan Resor tetangga standby kan di Mapolsek perbatasan saat pencoblosan," sambungnya.

Sejumlah desa yang dipantau langsung oleh Wakil Bupati dan rombongan, yaitu Desa/Kecamatan Pejagoan. Kemudian, dilanjutkan ke Desa Jabres dan Pengempon Kecamatan Sruweng. Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar, Selokerto Kecamatan Sempor, dan Desa Ori Kecamatan Kuwarasan.

Secara serentak 54 desa yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Kebumen, menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Selasa, 5 November 2019. Jumlah calon yang ikut dalam Pilkades tersebut sebanyak 164 orang. Terdiri 150 calon berjenis kelamin laki-laki dan 14 perempuan. Dari jumlah itu 24 orang diantaranya merupakan kepala desa petahana.

Adapun desa-desa yang menggelar Pilkades serentak yakni, Kecamatan Adimulyo 5 desa, Ambal 5 desa, Ayah 2 desa, Bonorowo 1 desa, Buayan 2 desa. Kemudian, Buluspesantren 1 desa, Gombong 1 desa, Karanggayam 2 desa, Kebumen 4 desa.

Selanjutnya, Klirong 4 desa, Kutowinangun 3 desa, Kuwarasan 4 desa. Petanahan 6 desa, Poncowarno 3 desa, Sadang 1 desa, Sempor 3 desa, Sruweng 2 desa. Puring 1 desa, Alian 1 desa.(*)
Powered by Blogger.