Hari Kedua, Pendaftaran Panwas Kecamatan Sepi Peminat

www.inikebumen.net KEBUMEN - Hari kedua proses perekrutan Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kecamatan mengalami masih sepi pendaftar. Hingga Kamis (7/9/2017) sore baru 38 orang mendaftar di Sekretariat Panwas Kabupaten Kebumen, Jalan Tentara Pelajar Nomor 21 Kebumen.

Hari Kedua, Pendaftaran Panwas Kecamatan Sepi Peminat
Grafik Pendaftar Calon Panwas Kecamatan
Anggota Panwas Kabupaten Kebumen, Arif Supriyanto, mengatakan pada hari pertama pendaftaran Rabu (6/9/2017) ada 11 orang mendaftar. Terdiri dari 9 pendaftar laki-laki dan 2 pendaftar perempuan. Kemudian, Kamis (7/9/2017) ada 27 pendaftar, terdiri 16 laki-laki dan 11 perempuan.

Meski saat ini masih sepi pendaftar, pihaknya optimis target tersebut akan tercapai pada pekan depan. "Kita akan masifkan sosialisasi kita. Termasuk kita akan jemput bola dengan cara mendatangi orang-orang yang berpotensi jadi Panwas untuk mendaftar," ujar Arif Supriyanto.

Menurutnya, ada yang berbeda dengan penjaringan Panwas Kecamatan kali ini. Yakni pembentukannya sebelum Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terbentuk. Berbeda dengan sebelumnya yang pembentukan setelah adanya PPK.

"Jadi dalam aturan baru, Panwas Kecamatan nantinya akan ikut mengawasi pembentukan PPK yang akan mulai dilakukan di bulan Oktober. Sehingga target kita sebelum Oktober sudah terbentuk Panwas di masing-masing kecamatan," paparnya, yang didampingi anggota Panwas lainnya, Badruzzaman.

Adapun tahapan pendaftaran Panwas Kecamatan, yakni pengumuman pendaftaran 30 Agustus- 5 September, kemudian pendaftaran dan penerimaan berkas 6-12 September. Selanjutnya, pemeriksaan keabsahan dan legalitas berkas 8-12 September, pengumuman calon yang lulus penelitian administrasi 13 September. Penerimaan, pemeriksaan tanggapan dan masukan masyarakat 13-17 September, seleksi tertulis 14-17 September.

Pengumuman lolos seleksi tertulis 16-18 September, pelaksanaan tes wawancara 18-21 September, rapat pleno untuk menetapkan anggota Panwas Kecamatan 22 September. "Panwas Kabupaten mengumumkan tiga nama calon terpilih pada 25 September. Sedangkan pelantikannya pada 26 September," imbuhnya.(*)

Powered by Blogger.