Header Ads

Pagi ini, Bupati Launching Program Layanan Kesehatan Non JKN KIS

www.inikebumen.net KEBUMEN - Berdasarkan agenda Bupati Kebumen, hari ini Rabu (27/9/2017), Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, dijadwalkan akan melaunching Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Non JKN-KIS. Acara tersebut akan diselenggarakan di Puskesmas Pejagoan, sekitar pukul 10.30 WIB. Inovasi ini untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kebumen.

Pagi ini, Bupati Launching Program Layanan Kesehatan Non JKN KIS
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kebumen, Sukamto, mengatakan program ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Kebumen untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi semua warga yang belum tercover dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

Selain itu, sasaran layanan ini diantaranya Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang telah ditetapkan dengan Keputusan Dinas Kesehatan. Kemudian, pengemis, gelandangan dan orang terlantar yang direkomendasikan oleh Dinas Sosial dan PPKB.

"Warga yang tidak miskin tapi juga tidak mampu, tidak punya kartu BPJS, atau KIS nantinya bisa berobat gratis di Puskesmas. Caranya cukup menunjukan KTP Kabupaten Kebumen," kata Sukamto, Selasa (26/9/2017) sore.

Adapun pelayanan kesehatan yang dibantu pembiayaan melalui program ini, yaitu pelayanan rawat jalan dan rawat inap di Puskesmas rawat inap. Kemudian, pelayanan rawat inap rujukan dari Puskesmas ke rumah sakut yang ditunjuk, serta pelayanan persalinan di Puskesmas.

Sebanyak 10 puskesmas rawat inap sudah disiapkan untuk inovasi layanan kesehatan baru ini, meliputi  Puskesmas Rawat Inap Ayah I, Gombong I, Karanganyar, Karangsambung, Petanahan, Pejagoan, Kutowinangun, Mirit, Ambal I dan Alian.

"Sedangkan, rumah sakit rujukan untuk program ini, Rumah Sakit dr Soedirman Kebumen dan Rumah Sakit Umum Daerah Prembun," tutupnya.(*)
Powered by Blogger.