Hujan Semalaman, Enam Kecamatan Terendam Banjir dan Tujuh Kecamatan di Kebumen Diterjang Tanah Longsor

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sedikitnya enam kecamatan di Kabupaten Kebumen, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Jumat 27 Oktober 2017 sekitar pukul 21.00 WIB. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Hujan Semalaman, Enam Kecamatan Terendam Banjir dan Tujuh Kecamatan di Kebumen Diterjang Tanah Longsor
Petugas BPBD Kebumen, memantau kondisi banjir, Sabtu 28 Oktober 2017 pagi
Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, dari enam kecamatan terdapat 16 titik cukup parah dilanda banjir. Yakni di Kecamatan Alian, akiibat luapan Sungai Kedungbener dan tanggul jebol, menyebabkan tiga desa terendama banjir hingga 50 centimeter. Kemudian, di Kecamatan Kebumen, terdapat dua desa terkena banjir, di Kecamatan Sruweng, terdapat tiga desa terencam banjir setinggi 40 centimeter akibat tanggul jebol dan meluapnya Sungai Tanggeran.

Selanjutnya, di Kecamatan Pejagoan, luapan air dari Sungai Aditirto merendam satu desa dengan ketinggian 50 centimeter. Di Kecamatan Karanganyar, terdapat tanggul jebol dan luapan Sungai Kemit yang berdampak enam desa kebanjiran. Sedangkan, di Kecamatan Adimulyo, Sungai Karanganyar meluap dan berdampak satu desa terendam banjir setinggi 30 centimeter.

"Ada sebanyak 600 warga di Desa Pekuwon, Kecamatan Adimulyo, terdampak banjir ini. Tapi sekarang sudah surut semua," ujar Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kebumen, Muhyidin, Sabtu 28 Oktober 2017 sore.

Akibat bencana ini, BPBD dan PMI Kebumen telah mendirikan dapur umum di Balai Desa Pekuwon. "Banjir ini juga berdampak masuk lahan pertanian dan rumah warga," terangnya.

Selain banjir, akibat hujan deras dengan durasi sangat lama juga mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor di tujuh kecamatan. Meliputi, di Kecamatan Alian, tedapat 2 desa, Kecamatan Sruweng ada 4 desa, Kecamatan Pejagoan ada 4 desa, Kecamatan Karanganyar ada 1 desa, Kecamatan Karanggayam ada 2 Desa. Kemudian, Kecamatan Karangsambung ada 2 desa dan Kecamatan Sadang ada 1 desa

"Kami telah melakukan assesment dan koordinasi dengan pemerintah desa dan pihak terkait," imbuhnya.

BPBD Kebumen juga telah mengirimkan bantuan logistik dan penanganan kedaruratan untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor. Serta rumah terdampak longsor dan penanganan warga terdampak banjir. "Kami sudah menyiagakan perahu karet di Desa Pekuwon," kata dia.(*)

Powered by Blogger.