SMAN Prembun Wakili Kebumen pada Kemah Budaya di Sragen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak tujuh pelajar, mewakili Kabupaten Kebumen pada ajang kemah budaya tingkat Provinsi Jawa Tengah 2017.

SMAN Prembun Wakili Kebumen pada Kemah Budaya di Sragen
Tim Kebumen yang akan mengikuti Kemah Budaya di Sragen, berlatih tari guyub rukun.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah itu akan dipusatkan di Lapangan Dusun Jetis Karangpung, Krikilan Kabupaten Sragen. Acara berlangsung selama tiga hari, mulai 26 hingga 28 Oktober 2017.
 
"Untuk Kabupaten Kebumen sendiri diwakili oleh siswa-siswi SMAN 1 Prembun," ujar Pendamping Tim Kemah Budaya Kebumen, Eko Haryono, di Kantor Dinas Pendidikan Kebumen, sebelum berangkat ke Sragen, Rabu 25 Oktober 2017.

Menurutnya, salah satu syarat peserta kemah budaya yang dikirimkan adalah memiliki bakat dan talenta di bidang seni budaya serta fisik yang kuat dan berkepribadian mandiri.

"Kemah budaya diikuti oleh perwakilan kabupatan dan kota yang ada Jawa Tengah. Masing daerah tersebut mengirimkan tujuh peserta," terang Eko Haryono.

Ia menambahkan, salah satu kegiatan dalam kemah budaya yaitu lomba pentas seni budaya. Kemudian, ada lomba eksplorasi cagar budaya masing-masing kabupaten dan kota.

"Ada juga lomba busana adat daerah dan ajang kreatifitas, seperti puzzle, ice breaking. Masing-masing lomba akan diambil juara 1 sampai harapan 3," imbuhnya.

Pada ajang tersebut, lanjut dia, tim Kabupaten Kebumen akan menampilkan Tari Guyub Rukun yang telah digarap oleh tim kesenian. Salah satunya oleh guru tari SMAN Prembun, Erni Setyawati.

"Kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai luhur budaya bagi generasi muda. Selain itu juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.