Gus Yazid Resmikan Gedung Baru Baznas Kebumen Senilai Rp 1,5 Miliar - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Gus Yazid Resmikan Gedung Baru Baznas Kebumen Senilai Rp 1,5 Miliar

www.inikebumen.net KEBUMEN - Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, meresmikan gedung baru Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kebumen, Senin 26 Maret 2018. Peresmian gedung yang terletak di Jalan Arungbinang Nomor 20 Kebumen tersebut ditandai dengan pembubuhan tanda tangan di prasasti oleh wakil bupati.
Gus Yazid Resmikan Gedung Baru Baznas Kebumen Senilai Rp 1,5 Miliar
Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, menandatangani prasasti pada peresmian gedung baru Baznas Kebumen, Senin 26 Maret 2018
Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Kepala Kantor Kemenag Kebumen Imam Tobroni, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen, Perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Serta pimpinan Baznas di wilayah eks Karesiden Kedu dan Banyumas.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati berharap, dengan adanya gedung baru kinerja Baznas Kabupaten Kebumen semakin meningkat. Program-programnya semakin baik, tertib dan modern. Namun, tetap berpedoman pada syariat.

"Kepercayaan masyarakat juga semakin meningkat. Semakin banyak yang menyerahkan zakat, infaq dan shadaqah. Dengan kata lain, jumlah munfiq dan muzakki semakin meningkat. Masyarakat juga akan semakin merasakan manfaatnya," kata pria yang karib disapa Gus Yazid ini.

Pada kesempatan itu, Gus Yazid, mengungkapkan, bahwa Pemkab Kebumen pada 2011 telah menerbitkan Perda tentang Pengelolaan Zakat. Selain itu juga mendorong para ASN untuk zakat, infaq dan shodaqoh melalui Baznas Kabupatne Kebumen.

Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan sebuah langkah maju, ketika pemerintah pusat mewacanakan untuk menarik zakat profesi dari para PNS. Artinya, pemerintah dan aparat Pemkab Kebumen memiliki komitmen yang tinggi untuk berbagi. Sekaligus melaksanakan syariat agama serta mengentaskan kemiskinan.

"Kita tahu, zakat, infaq dan shadaqah merupakan solusi jitu untuk mengatasi kemiskinan. Juga merupakan ibadah yang bernilai besar. Bahkan pahalanya mengalir terus," tegasnya. 

Ketua Baznas Kebumen, drhH Djatmiko, menjelaskan bangunan seluas 7x30 meter itu dibangun dengan dana Rp 1,5 miliar. Dana yang digunakan untuk membangun gedung megah tersebut menggunakan tabungan infaq dari masyarakat sejak 2011 lalu. "Alhamdulillah dapat terwujud tahun ini," kata Djatmiko, dalam sambutannya.

Gedung berlantai dua itu, dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diantaranya, ruang pimpinan, ruang pelaksana, ruang perpustakaan, ruang arsip, ruang rapat, hingga musala.

"Gedung baru ini untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan. Baik kepada muzakki maupun mustahiq di wilayah Kebumen," ujarnya. Sebelum pindah ke gedung baru, Baznas Kebumen menempati sekretariat di Komplek Gedung Haji dan sebelumnya di Komplek Masjid Agung Kauman Kebumen. 

Pada kesempatan itu juga dilakukan pentasarufan (penyaluran) Zakat, Infaq dan Shodaqoh tahap pertama bagi enam kecamatan. Yakni Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Buluspesantren, Alian, Karangsambung, dan Sadang. Baznas Kebumen pada pentasarufan tahap pertama tahun 2018 menyalurkan dana zakat sebesar Rp 670 juta lebih.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>