Malam ini, Pemkab Kebumen Bakal Gelar Takbiran di Alun-alun Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen rencananya bakal menggelar acara Gema Takbir Menyambut Idul Fitri 1439 Hijriyah. Acara takbiran malam Lebaran ini digelar di Alun-alun Kebumen, malam ini, Kamis 14 Juni 2018.
Malam ini, Pemkab Kebumen Bakal Gelar Takbiran di Alun-alun Kebumen
Ilustrasi
Sesuai jadwal dari Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Derah Kabupaten Kebumen, acara malam takbiran tersebut digelar mulai pukul 20.00 WIB. Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, bersama sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Kebumen dijadwalkan hadir pada acara itu.

"Rencananya nanti malam (takbiran) di Alun-alun Kebumen," kata Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam. 

Sebelum acara Gema Takbir akan digelar Rukyatul Hilal untuk menentukan 1 Syawal 1439 Hijriyah pada Kamis sore nanti. Seperti pada pentuan awal Ramadan lalu, rukyatul hilal akan dipusatkan di Pos Observasi Bulan (POB) di Pantai Pedalen Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Rukyatul hilal dilakukan oleh Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen. Digelarnya rukyatul hilal pada 14 Juni 2018 dengan pertimbangan jumlah hari di bulan Sya'ban 1439 Hijriyah lalu genap 30 hari. Biasanya, bila  bulan Sya'ban mencapai 30 hari maka bulan Ramadan mencapai 29 hari. Adapun tanggal 29 Ramadhan akan jatuh pada 14 Juni 2018.

Usai rukyatul hilal, Pemkab Kebumen bakal menggelar acara gema takbir malam Idul Fitri 1439 Hijriyah di Alun-alun Kebumen, pada pukul 20.00 WIB. "Prediksi awal 1 Syawal akan jatuh pada 15 Juni," ujarnya.(*)
Powered by Blogger.