Purna Tugas Eksekutif, bagi Bambang Priyambodo Belum Purna Pengabdian

www.inikebumen.net GOMBONG - Darah pejuang dari mantan Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Kebumen, HR Sunarto, mewariskan semangat pengabdian pada putra keduanya, Bambang Priyambodo (58).
 Purna Tugas Eksekutif, bagi Bambang Priyambodo Belum Purna Pengabdian
Bambang Priyambodo
Mantan Camat Ayah ini, menganggap purna tugasnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) bukanlah akhir pengabdiannya kepada masyarakat.

Apalagi sejak masih PNS, Bambang juga melanjutkan kiprah Ayahandanya, memimpin Yayasan Pendidikan Ekonomi (YAPEK) yang menaungi SMK YAPEK Gombong.

Sekolah yang berdiri sejak 15 Agustus 1967 tersebut merupakan sekolah kejuruan manajemen pertama di Gombong. Tahun 2014 kesibukan Bambang bertambah, mengelola Biro Perjalanan Umroh Dream Tour Travel.

Menurut bapak dua anak ini, biro umrohnya sudah memberangkatkan lebih dari 600 jamaah. Hari-hari yang penuh dengan kesibukan, bukan suatu hal yang baru bagi Bambang.

Pengabdian Bambang di Pemkab Kebumen dimulai tahun 1988, usai menyelesaikan studi di Akademi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD), dilanjutkan S1 jurusan Sosiatri di STPMD Yogyakarta.

Awalnya menjadi staf Bagian Kesra (1988-1997) dan PMD (1997-2001). Lalu menjadi Sekretaris Kelurahan Karanganyar (2001-2003) dan Kebumen (2003-2008), serta Sekretaris Kecamatan Kuwarasan (2008-2010).

Jabatan kepala bidang disandangnya di tiga instansi yang berbeda. Kabid Pembinaan Masyarakat Bapermades (2010-2011), Kabid Tramtib Satpol PP (2011-2016) serta Kabid Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (2017).

Pengabdian terakhirnya sebagai PNS dijalaninya dengan menjadi Camat Poncowarno (2017) dan Ayah (2017-2018).

Terobsesi melanjutkan pengabdiannya di jalur legislatif, Bambang yang seharusnya baru 1 Desember 2018 pensiun, akhirnya mengajukan pensiun dini per 1 Juli 2018. "Karena peraturannya begitu, saya mengajukan pensiun dini," jelasnya.

Uniknya saat meninggalkan tempat tugas terakhirnya, Kantor Kecamatan Ayah, Bambang pulang dengan berjalan kaki ke rumahnya di Gombong, 3 Agustus 2018. "Ini memang sudah nazar saya, sekaligus untuk olahraga dan ternyata masih kuat," ujarnya.
 Purna Tugas Eksekutif, bagi Bambang Priyambodo Belum Purna Pengabdian
Bambang Priyambodo pada sebuah acara
Untuk Pemilu 2019 nanti, Bambang Priyambodo terdaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD Kebumen dari Partai Golkar. Melalui daerah pemilihan 5, yang meliputi Kecamatan Gombong, Karanganyar, Karanggayam dan Sempor dengan nomor urut 4.

"Saya ingin mempertajam pemahaman eksekutif terhadap distribusi anggaran berdasarkan skala prioritas pembangunan di desa," jelas Bambang tentang obsesinya menjadi legislatif.

Selain itu, Bambang juga ingin meningkatkan kinerja eksekutif terutama desa dengan memperjuangkan peningkatan kesejahteraan perangkat desa.

"Yang juga penting menurut saya jika kelak bisa menjadi legislatif, mendorong eksekutif mengevaluasi penilaian penghitungan kemiskinan yang benar," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.