Rekomendasi Nama Calon Sekda Kebumen Ditentukan Minggu ini

www.inikebumen.net KEBUMEN - Nama pejabat yang bakal menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen akan diketahui pada minggu ini. Hal ini lantaran Plt Bupati Yazid Mahfudz, Panitia Seleksi (Pansel) Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kebumen dan tiga pejabat calon Sekda telah dipanggil Gubernur Ganjar Pranowo pada Kamis 13 September 2018.
Rekomendasi Nama Calon Sekda Kebumen Ditentukan Minggu ini
Plt Bupati Yazid Mahfudz, bersama Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kebumen menunggu di ruang tunggu Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah.
Plt Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan dirinya bersama Pansel dan tiga calon sekda telah menghadap Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin di Puri Gedeh Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah. Pertemuan itu dilakukan untuk koordinasi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen.

"Kita tinggal menunggu hasil rekomendasi dari Pak Gubernur. Insya Allah minggu ini sudah turun," kata Yazid Mahfudz.

Gus Yazid (sapaan akrabnya) menegaskan Sekda yang terpilih nantinya tidak akan keluar dari tiga calon hasil seleksi yang dilakukan ileh Pansel. Namun, demikian pihaknya tetap mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat. "Pada prinsipnya (Sekda) yang harus bisa diterima oleh semuanya. Termasuk oleh DPRD," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala BKPPD Kabupaten Kebumen, Supriyandono, menjelaskan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017. Pasal 127 ayat 3 menyebutkan khusus untuk pejabat pimpinan tinggi sekretariat daerah kabupaten/kota sebelum ditetapkan oleh bupati/walikota dikoordinasikan dengan gubernur.

Menurutnya, bukan hanya dikonsultasikan dengan gubernur. Namun, tiga nama itu juga akan dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri. Sebab, posisi bupati saat ini masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). "Ketentuannya seperti itu," ucapnya.

Tiga calon Sekda hasil seleksi yakni Ahmad Ujang Sugiono (Kepala Dinas Pendidikan), Siti Kharisah (Sekretaris DPRD) dan Widiatmoko (Asisten Administrasi Sekda Kebumen).

Untuk diketahui, pada masa pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Sekda Kebumen lalu ada sembilan ASN mendaftarkan diri. Kesembilan orang itu, yakni Moh Amirudin (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak). Y Rini Kristiani (Kepala Dinas Kesehatan), Ahmad Ujang Sugiyono (Kepala Dinas Pendidikan), Azam Fatoni (Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata).

Kemudian, Siti Kharisah (Sekretaris DPRD), Dwi Suliyanto (Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM), dan Widiatmoko (Asisten Administrasi Sekda).

Selanjutnya, Pengawas SMK Balai Pendidikan Menengan dan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Warjan. Serta Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Kebumen, Dr Suratno. Namun, Suratno akhirnya dinyatakan tidak lulus administrasi sebagai pendaftar calon sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Kebumen.

Sehingga hanya delapan orang yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya. Namun secara mengejutkan, Kepala Disporawisata Azam Fatoni, mengundurkan diri dari seleksi pada tahapan uji gagasan tertulis atau penulisan makalah. Sehingga hanya tujuh peserta yang mengikuti seleksi hingga tahapan terakhir. Pansel pun mengumumkan tiga nama yang diusulkan ke Plt Bupati Kebumen menjadi calon sekda pada  18 Agustus lalu.(*)

Powered by Blogger.