Lomba Hadrah Akan Mengawali Festival Ramadhan di Alun-alun Kebumen

Lomba Hadrah Akan Mengawali Festival Ramadhan di Alun-alun Kebumen
Ramadhan Expo 2019 bakal digelar di Alun-alun Kebumen mulai 29 Mei hingga 4 Juni 2019.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Ramadhan Expo 2019 yang akan digelar pada 29 Mei hingga 4 Juni 2019, terbagi dalam tiga kegiatan.

Yakni Bazar Ramadhan (pukul 10.00-22.00), Festival Ramadhan (pukul 14.00-17.00) dan Kuliner Ramadhan (pukul 16.00-22.00).

Pada hari pertama, Rabu, 29 Mei 2019 besok, Festival Ramadhan akan diawali dengan Lomba Hadrah se Kabupaten Kebumen.

Dijelaskan Ketua Panitia Ramadhan Expo 2019 Musyrifan, dalam lomba tersebut, masing-masing group akan membawakan dua lagu dengan durasi maksimal 15 menit, sudah termasuk cek suara.

"Sebagai lagu wajibnya Shalawat Nahdiyah, sedangkan lagu bebasnya lagu yang diaransemen masing-masing group," terangnya.

Tentang kriteria penilaiannya Musyrifan menyebut ada tiga, lagu dan vokal (40%), musik (30%) serta adab dan kesopanan (30%).  Adapun lagu dan vokal yang dinilai meliputi keindahan suara, power dan keutuhan suara, improvisasi, tajwid dan perpaduan suara.

Kemudian, musik meliputi kekompakan, harmonisasi pukulan dengan lagu, variasi dan dinamika. Adab dan kesopanan yang dinilai penampilan dan penjiwaannya.

Panitia yang membidangi festival Ramadhan, Imam Nur Hidayat menginformasikan yang akan bertindak sebagai dewan juri ada tiga orang. Yakni Ahmad Fauzi SE dari Mahage, Ustadz Fobingin dari Karangsambung.

"Satu lagi masih menunggu konfrmasi dari Ustadz Rahmat, guru Hadrah SMK Ma'arif 3 Kebumen," terangnya.

Mengakhiri penjelasannya, Musyrifan menyampaikan, bahwa mengingat terbatasnya waktu, panitia membatasi peserta lomba hanya untuk 25 group.(*)
Powered by Blogger.