Diruwat, Seluruh Pedagang Alun-alun Kebumen Hari ini Libur Berjualan

Bertepatan dengan Jumat Kliwon, seluruh pedagang Alun-alun Kebumen libur berjualan. Mereka dilibatkan dalam Ruwat dan Resik Alun-alun Kebumen.
Diruwat, Seluruh Pedagang Alun-alun Kebumen Hari ini Libur Berjualan
Petugas Pemadam Kebakaran turut dilibatkan dalam Ruwat dan Resik Alun-alun Kebumen, Jumat pagi, 14 Juni 2019.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemandangan berbeda di kawasan Alun-alun Kebumen terjadi hari ini, Jumat, 14 Juni 2019. Sebab, selama seharian penuh kawasan terbuka hijau tersebut tidak terlihat satupun pedagang yang berjualan.

Bertepatan dengan Jumlat Kliwon kawasan tersebut diruwat. Seluruh pedagang pun libur dan dilibatkan untuk bersih-bersih di lokasi mereka berjualan.

"Ini adalah aksi spontanitas ini atas kesadaran masyarakat melihat Alun Alun Kebumen semakin lama konidisinya kurang baik," ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Diperkim LH) Kebumen, Edi Rianto, disela-sela  acara Ruwat dan Resik Alun-alun Kebumen, Jumat pagi, 14 Juni 2019.

Terkait dengan liburnya seluruh pedagang berjualan, kata Edi, merupakan kesepakatan dari seluruh PKL yang ada di Alun-alun Kebumen. "Ini momentum yang baik untuk memperbaiki Alun-alun Kebumen ke depannya," kata Edi.

Bahkan nantinya, kegiatan tersebut akan digelar rutin sebulan sekali. Sehingga masyarakat bisa sesekali menikmati suasana Alun-alun Kebumen yang berbeda karena tidak ada aktivitas berjualan sama sekali.

"Mereka (para pedang) yang menyepakati sendiri, hari ini tidak ada yang jualan. Kalau kesepakatannya sampai nanti malam. Kita lihat saja, apakah nanti ada yang berjualan atau tidak," imbuhnya.
.
Kegiatan Ruwat dan Resik Alun-alun Kebumen melibatkan sejumlah elemen masyarakat. Selain, para PKL, juga diikuti oleh ASN, pelajar, hingga aktivis lingkungan.

Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, serta pimpinan OPD di lingkup Pemkab Kebumen.(*)


Powered by Blogger.