50 Nama Diprediksi Lolos, Yulianto Tegaskan KPU Kebumen Belum Tetapkan Caleg Terpilih

KPU tidak bertanggung jawab atas daftar 50 caleg diprediksi lolos ke parlemen yang beredar di masyarakat. Daftar tersebut bukan rilis resmi dari KPU Kebumen.
50 Nama Diprediksi Lolos, Yulianto Tegaskan KPU Kebumen Belum Tetapkan Caleg Terpilih
Inilah daftar 50 caleg yang diprediksi lolos ke DPRD Kebumen.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen belum menetapkan perolehan kursi dan calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Kebumen hasil Pemilu 2019. Namun, 50 nama anggota DPRD Kebumen terpilih telah beredar luas di masyarakat.

"Secara kelembagaan KPU belum melakukan pleno, belum menetapkan," ujar Ketua KPU Kabupaten Kebumen Yulianto, saat dihubungi inikebumen, Rabu sore, 3 Juli 2019.

Yulianto menegaskan, hingga saat ini nama-nama yang beredar masih Daftar Caleg Tetap (DCT). Ditanya perincian perolehan kursi parpol di DPRD Kebumen, Yulianto menolak menyebutkan.

"KPU tidak pernah mengeluarkan by name (nama-nama caleg terpilih). Karena itu baru akan dikeluarkan dalam proses pleno terbuka," tegasnya.

Menurutnya, KPU tidak bertanggung jawab atas daftar 50 caleg diprediksi lolos ke parlemen yang beredar di masyarakat. Daftar tersebut bukan rilis resmi dari KPU Kebumen melainkan hasil prediksi dari sejumlah pihak.

“Hasil resmi perolehan kursi parpol dan perincian caleg terpilihnya baru ditetapkan setelah pleno," tandasnya.

DPRD Kabupaten Kebumen periode 2019-2024 diprediksi bakal didominasi oleh wajah baru. Sebab, dari 50 anggota saat ini hanya 15 orang yang tetap bertahan. Sementara sisanya 35 Anggota harus berlapang dada untuk tidak duduk lagi sebagai wakil rakyat.

Adapun 15 Anggota petahana yang tetap bertahan yakni Fitria Handini dan Sarimun (PDIP). Kemudian, Qoriah Dwi Puspa (Nasdem), Miftahul Ulum dan Nur Hariyadi (PKB), Yuniarti Widayaningsih dan Restu Gunawan (Golkar).

Selanjutnya, Ermi Kristanti (PKS), Rifai Yuniantoro (Demokrat), Gito Prasetyo, Bagus Setiyawan dan Kurniawan (PAN). Agus Hamim (PPP), Agung Prabowo dan Sri Susilowati (Gerindra).

Sementara itu, komposisi perolehan kursi di DPRD Kebumen pada periode lima tahun ke depan, masih didominasi oleh PDIP. Bahkan perolehannya meningkat dibandingkan Pemilu 2014 lalu.

PDIP meraup 12 kursi DPRD atau bertambah tiga kursi dari Pemilu 2014 lalu. Peringkat kedua ditempati PKB dengan 9 kursi, atau bertambah tiga kursi.

Gerindra memperoleh 7 kursi, Golkar 6 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem 4 kursi. Selanjutnya PAN hanya 3 kursi, padahal pada Pemilu 2014 lalu mampu memperoleh 7 kursi. Disusul, Demokrat yang memperoleh 3 kursi, dan PKS 2 kursi.

Berikut Prediksi Anggota DPRD Kabupaten Kebumen periode 2019-2024:

PDIP
1. N Dwi Alhadi
2. Frenky Askhabul Jannah
3. Dalyono
4. Fitria Handini
5. Amin Lukmantoro
6. Adhitya Whisnu Bayu Aji
7. FA Bambang Tri Saktiono
8. Bambang Sutrisno
9. Tongat
10. Khanifudin
11. Sarimun
12. Tatag Sajoko

PKB
1. Miftahul Ulum
2. Ahmad Haujaki Al Amkani
3. Khotimah
4. Fuad Wahyudi
5. Saman Halim Nurrohman
6. Saiful Anwar
7. Akhmad Sudiyono
8. Sumarno
9. M Nur Hariyadi

Gerindra
1. Sri Susilowati
2. Agung Prabowo
3. Solatun
4. Basir
5. Suprijanto
6. Maksum Sodiq
7. Bambang Suparjo

Golkar
1. Ratna Yuliyanti
2. Yuniarti Widayaningsih
3. Restu Gunawan
4. Suprapto
5. Pawit
6. Munawar Cholil

Nasdem
1. M Madkhas Anis
2. Qoriah Dwi Puspa
3. Lilik Halimah
4. Hesti Nuraini

PPP
1. Sri Halimah
2. Agus Hamim
3. Pairi
4. Wahid Mulyadi

PAN
1. Gito Prasetyo
2. Bagus Setiyawan
3. Kurniawan

Demokrat
1. Ahmad Annifudin
2. Rifai Yuniantoro
3. Krismawati

PKS
1. Ermi Kristanti
2. Agus Supriyanto.(*)

Powered by Blogger.