Jumlah Kader dan Sarpras Posyandu di Kebumen Belum Ideal

Jumlah Posyandu di Kabupaten Kebumen ada 2.092 buah.
Jumlah Kader dan Sarpras Posyandu di Kebumen Belum Ideal
Kegiatan Jambore Kader Posyandu di Hotel Candisari Karanganyar
www.inikebumen.net KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kebumen mencatat hingga 2018 lalu, jumlah Kader Posyandu di Kabupaten Kebumen sebanyak 10.937 kader. Namun dari jumlah itu kader yang aktif sebanyak 10.698 orang. Mereka tersebar di 460 desa/kelurahan di 26 kecamatan.

"Jumlah kader dan sarana prasarana Posyandu masih belum ideal," kata Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Y Rini Kristiani, disela-sela menghadiri Jambore Kader Posyandu 2019 di Hotel Candisari Karanganyar, Kamis, 19 September 2019.

Selain itu, kata Rini, sarana prasarana posyandu masih kurang dan kader posyandu masih belum memiliki kompetensi maupun kapasitas yang ideal. "Jadi masih terus dilakukan pembinaan dan pelatihan ketrampilan buat kader," ujarnya.

Sedangkan jumlah Posyandu di Kebumen sebanyak 2.092 buah. Dari jumlah itu 18 Posyandu Pratama, 910 Posyandu tingkat Mandiri, 253 Posyandu Madya dan 911 Posyandu Purnama.

Untuk diketaui, Posyandu tingkat pratama adalah posyandu yang masih belum mantap, kegiatannya belum bisa rutin tiap bulan dan kader aktifnya terbatas. Keadaan ini dinilai ‘gawat’ sehingga intervensinya adalah pelatihan kader ulang.

Posyandu Madya merupakan posyandu yang cakupan program utamanya (KB, KIA, Gizi dan Imunisasi) masih rendah, yaitu  kurang dari 50 persen.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Kader, Dinkes Kebumen Gelar Jambore Kader Posyandu

Posyandu Purnama adalah posyandu yang frekuensinya lebih dari 8 kali pertahun, rata-rata jumlah kader tugas 5 orang atau lebih, dan cakupan 5 program utamanya (KB, KIA, Gizi dan imunisasi) lebih dari 50 persen. Serta sudah ada program tambahan, bahkan sudah ada Dana Sehat yang masih sederhana.

Sedangkan, Posyandu Mandiri berarti sudah dapat melakukan kegiatan secara teratur, cakupan 5 program utama sudah bagus, ada program tambahan dan dana sehat. Serta telah menjangkau lebih dari 50 persen KK.

Sementara itu, Jambore Kader Posyandu diikuti oleh perwakilan kader dari 35 Puskesmas. Para kader yang diikutkan merupakan kader pilihan yang bisa menularkan ilmu yang didapat dari kegiatan itu kepada kader lainnya.

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas mereka. Sehingga diharapkan setelah kegiatan ini para kader meningkatkan pelayanan di Posyandunya masing-masing.

Berbagai kegiatan Jambore Kader Posyandu, diantaranya pengetahuannya tentang posyandu, Yel-yel kesehatan, uji wawasan Posyandu, uji ketrampilan alat peraga hingga penyuluhan kesehatan.(*)
Powered by Blogger.