Persiapan Lebaran, Bus AKAP Diuji Kelayakannya - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Persiapan Lebaran, Bus AKAP Diuji Kelayakannya

www.inikebumen.net KEBUMEN - Uji kelaikan terhadap angkutan umum menjelang lebaran digelar Dit Lantas Polda Jateng, Satlantas Polres Kebumen, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen. Uji kelaikan itu dilakukan di Terminal Tipe A Kebumen, Selasa (13/6/2017).

Persiapan Lebaran, Bus AKAP Diuji Kelayakannya
Petugas mengecek fisik bus di Terminal Kebumen.
Adapun angkutan yang menjadi sasaran adalah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Uji kelaikan kendaraan umum itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang yang menggunakan angkutan umum. Petugas melakukan uji kelaikan dengan mengecek kondisi fisik bus serta memeriksa kelengkapan surat-suratnya.

Kepala Seksi Sarana Angkutan (Sarang) Dit Lantas Polda Jateng, Kompol Aris Ribuana, menjelaskan pegujian yang dilakukan berupa pengecekan fisik pada seluruh bodi. Kemudian, visualisasi kendaraan. Seperti rem, kaca spion, lampu-lampu serta kelengkapan surat seperti, STNK, KIR, dan izin trayek.

"Jika ditemukan kendaraan yang tak laik jalan maka akan kami rekomendasi untuk tidak boleh dioperasikan hingga bus itu diperbaiki," ujar Kompol Aris Ribuana.

Selain memeriksa kesiapan Bus, petugas juga memeriksa kelengkapan darurat bus seperti Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR), palu pemecah kaca, dan Kotak P3K. Untuk bus yang sudah menjalani tes uji kelayakan akan diberikan stiker khusus sebagai tanda bahwa bus tersebut layak sebagai angkutan lebaran.

"Pemeriksaan ini akan kita intensifkan menjelang masa angkutan lebaran. Ini agar masyarakat yang menggunakan angkutan umum aman dan nyaman," ungkapnya.(*)


Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>