Setiap Pendaftar Diberikan Kesempatan Memilih Dua Sekolah - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Setiap Pendaftar Diberikan Kesempatan Memilih Dua Sekolah

www.inikebumen.net KEBUMEN - Panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP tahun ini memberikan kesempatan bagi setiap calon peserta didik memilih dua sekolah berbeda.  Namun, bagi yang telah mendaftar ke SMP dan masih lolos seleksi sementara di salah satu SMP, tidak dapat mendaftar lagi ke SMP lainnya. Selain itu, calon peserta didik baru dianggap mengundurkan diri dari sistem PPDB Online apabila melakukan pencabutan berkas pendaftaran.

Setiap Pendaftar Diberikan Kesempatan Memilih Dua Sekolah
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, saat memantau ujian sekolah SD di SD Negeri 2 Gombong beberapa waktu lalu
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Ahmad Ujang Sugiyono, menjelaskan sistem zonasi PPDB diberlakukan untuk tingkat SD dan SMP. Yang disesuaikan dengan zonasi kecamatan berdasarkan  Kartu Keluarga (KK). "Bagi SD, dia akan sekolah di sekolahan dengan jarak 3 kilometer. Sedangkan SMP radiusnya 6 kilometer," ujar Ahmad Ujang Sugiyono.

BACA JUGA : Pendaftaran Siswa Baru SMP Dimulai Hari ini

Zonasi yang diterapkan Dinas Pendidikakn Kebumen, yakni zonasi irisan. Ujang mencontohkan, zonasi Kebumen bisa diisi dari siswa asal kecamatan lain yang berbatasan langsung dengan Kebumen. Seperti Alian, Kutowinangun, Buluspesantren, Pejagoan, dan Klirong.

Setiap sekolah paling sedikit menerima 90 persen dari total penerimaan siswa berasal dari radius terdekat. Sedangkan sisanya digunakan untuk jalur luar zona, jalur prestasi, dan jalur khusus lainnya. Namun, jika belum memenuhi kuota, sekolah bisa memenuhinya dari luar zona. Itu pun dibatasi maksimal 10 persen dari kuota yang ada.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>