Seribu Tanaman Untuk Kelurahan Kebumen Hijau Royo-Royo - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Seribu Tanaman Untuk Kelurahan Kebumen Hijau Royo-Royo

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kelurahan/Kecamatan Kebumen mengimplementasikan  program Kelurahan Kebumen Hijau Royo-royo. Program tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan Tim Komunitas Hidroponik dan Organik ( KHO ) di tingkat RW dan RT se Kelurahan Kebumen.
Seribu Tanaman Untuk Kelurahan Kebumen Hijau Royo-Royo
Ketua RT 03 RW 04 Kelurahan Kebumen, Muhtar Hanafie, bersama warga melakukan penanaman dalam program 1.000 tanaman untuk Kelurahan Kebumen yang Hijau Royo-Royo.
Program Kelurahan Kebumen Hijau Royo-royo mendapat dukungan dari seluruh warga kelurahan setempat. Seperti warga RW 04 Kelurahan Kebumen beserta Tim Komunitas Hidroponik dan Organik (KHO) di masing-masing RT dan RW, melakukan aksi penanaman seribu tanaman dalam pot.

Kepala Lingkungan IV Suwito, Ketua RW Asnawi Bahtiar dan kelima RT dan PKK RW beserta warga bahu membahu mempersiapkan media tanam. Mereka menanami jenis tanaman buah maupun sayur. Seperti cabe, terong, pepaya jepang dan juga berbagai tanaman yang lain.

"Agar selain hijau juga banyak manfaatnya di sepanjang gang di lingkungan RW 04, yang meliputi Gang Melati, Gang Tengah, Gang Telasih dan Gang Cempaka," kata Ketua RT 03 RW 04  Muhtar Hanafi.

Dari hasil tanaman tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh warga itu sendiri. Untuk itu perawatan tanaman yang tersebar di sepanjang gang di harapkan warga yang berketempatan bisa merawat. "Meskipun begitu kami tetap memantau pertumbuhan tanaman tersebut," terang Muhtar Hanafie.

Sebelumnya Lurah Kebumen Dede Suntoro, bersama Komunitas Hidroponik dan Organik (KHO) membuat program inovasi di setiap lingkungan RW diharapkan bisa hijau royo-royo. Selaun juga sekaligus memanfaatkan lahan sekecil apapun sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Dede Suntoro sangat mendukung upaya penanaman 1.000 pohon buah sayur yang di lakukan oleh warga RW 04 Kelurahan Kebumen tersebut. Apalagi ini menjelang sebuah hajat besar bagi kabupaten Kebumen dan bangsa Indonesia pada umumnya.

"Yaitu dengan adanya Hari Jadi Kebumen ke 389, dan peringatan HUT Kemerdekaan RI  ke-73," ujar Dede Suntoro.

Kepala Lingkungan IV Suwito, mengungkapkan dengan kegiatan gotong-royong warga, saat ini lingkungan RW 04 menjadi sangat semarak. Tidak hanya pada siang saja yang hijau rapi oleh penanaman 1.000 pohon.

"Akan tetapi pada malam haripun gemerlap oleh lampu -lampu hias yang banyak terpasang di setiap pintu masuk rumah warga. Semua ini murni swadaya warga lingkungan RW 04," ujar Suwito.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>