Jumlah Cabor yang Dipertandingkan pada POPDA Kebumen Bertambah - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Jumlah Cabor yang Dipertandingkan pada POPDA Kebumen Bertambah

www.inikebumen.net KEBUMEN - Cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten Kebumen tahun ini bertambah dari tahun lalu.

Jumlah Cabor yang Dipertandingkan pada POPDA Kebumen Bertambah
Kontingen Kecamatan Alian mengikuti defile pada pembukaan POPDA Tingkat Kabupaten Kebumen di Stadion Candradimuka Kebumen, Jumat pagi, 8 Februari 2019.
Cabor-cabor tambahan tersebut yakni catur, judo dan futsal untuk SD/MI. Kemudian, untuk SMP/MTs ditambah dua cabor baru, yakni bola tangan dan pentaque.

"Cabor-cabor baru ini adalah usulan dari KONI untuk turut dilombakan," terang Kasi Pembinaan Olahraga Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen, Mulyadi, di Stadion Candradimuka Kebumen, Jumat.

Mulyadi, menjelaskan sejumlah cabang olahraga lain akan digelar selama POPDA berlangsung. Yaitu 17 cabang olahraga untuk SD/MI, 19 cabang olahraga untuk SMP/MTs dan 20 cabang olahraga untuk SMA/MA/SMK.

Cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya, untuk tingkat SD, yakni sepak bola mini, bola Voli, sepak takraw, karate, taekwondo, atletik, bulutangkis. Kemudian, senam, renang, panahan, pencak silat, tenis meja, dan tenis lapangan. "Untuk SMP ditambah judo dan basket, sedangkan untuk SMA ditambah tinju, judo dan basket," kata Mulyadi.

Ia menjelaskan, atlet yang mengikuti Popda tersebut merupakan atlet yang telah lolos seleksi dari tingkat kecamatan. "Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi atlet berprestasi. Juga meningkatkan motivasi kepada para atlet untuk lebih meningkatkan prestasi," ujarnya.

POPDA yang berlangsung mulai 11-22 Februari 2019, akan diikuti 1.300 atlet pelajar. Mereka berasal dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen. Berdasarkan data panitia POPDA kontingen yang paling banyak mengirimkan atlet terbanya adalah Kecamatan Kebumen dengan jumlah atlet 200 anak. Sedangkan, kontingen dengan jumlah atlet paling sedikit Kecamatan Padureso, sebanyak 50 atlet.

Ajang tahunan tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, di Stadion Candradimuka Kebumen, Jumat pagi, 8 Februari 2019.
Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati dan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Sedangkan, sebelumnya digelar defile seluruh peserta POPDA perwakilan dari 26 kecamatan.

Hadir pada pembukaan itu, Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono, para asisten Sekda, staf ahli bupati dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hadir juga Ketua KONI Kabupaten Kebumen, Sri Hartanto.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>