Besok Pagi, Duta Seni Kebumen Tampil di Taman Mini Jakarta - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Besok Pagi, Duta Seni Kebumen Tampil di Taman Mini Jakarta

Besok Pagi, Duta Seni Kebumen Tampil di Taman Mini Jakarta
Duta Seni Kabupaten Kebumen saat menggelar latihan sebelum pentas di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.
www.inikebumen.net JAKARTA - Duta Seni Kabupaten Kebumen dijadwalkan akan pentas di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia (TMII) Jakarta, besok pagi, Minggu, 31 Maret 2019.

Pada pentas kali ini, Duta Seni Kabupaten Kebumen bakal mementaskan lakon Tumenggung Kertinegara dari Babad Sruni Kebumen. Pementasan yang disutradai oleh BE Susilohadi itu dikemas dalam bentuk Kesenian Jemblung dikolaborasikan dengan seni drama tari. Sehingga menjadi suguhan pementasan yang menarik untuk ditonton.

BE Susilohadi, yang juga Kasi Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, menjelaskan pementasan yang digarapnya melibatkan grup kesenian Jemblung  dari Sanggar Seni Wisma Budaya Puring.

"Selain itu juga beberapa pelaku seni tradisional senior yang sudah cukup berpengalaman berkecimpung didalam kesenian tradisional di Kebumen," terang BE Susilo Hadi.

Antara lain Gim Warjito, Widodo, Bambang Sis, Pardiman, Genjik Suratno, Bagiyo, Eko Haryono, Doyok Ramelan, Ami Ratminah, Endang Purwatiningsih dan Sinden Sulastri. Dalam garapan tersebut juga dilibatkan pelaku seni teater Pekik Sat Siswonirmolo dan Putut Akhmad Su’adi.

Pada pementasan tersebut didukung oleh 116 personil. Yang terdiri dari seniman jamjaneng, seniman jemblung, seniman karawitan, seniman kethoprak, seniman teater, penari putra , penari putri dan seniman penata setting panggung.

"Pementasan akan diawali dengan penampilan jamjaneng, yang kemudian dilanjutkan dengan pagelaran jemblung kolaborasi yang didukung oleh para seniman-seniman senior.

"Sehingga  diharapkan pementasan duta seni tahun ini akan lebih baik, lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya," ujar BE Susilohadi.

Ia menambahkan lakon Tumenggung Kertinegara dari Babad Sruni merupakan kisah kepahlawanan Tumenggung Kertinegara, ketika berusaha memperingatkan tindak  kesewenang-wenangan Sultan Amangkurat Agung saat berkuasa di Mataram. Kisah Tumenggung Kertinegara sarat dengan konflik kemanusiaan, yang dapat diselesaikan dengan sangat bijaksana oleh Tumenggung Kertinegara dari Sruni.

Selain menampilkan pergelaran itu juga akan dipamerkan berbagai potensi produk unggulan dan pariwisata Kabupaten Kebumen. Bupati Kebumen Yazid Mahfudz serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Kebumen dijadwalkan akan menyaksikan langsung pementasan tersebut.

Disamping itu, juga warga Kebumen, yang berada di perantauan, seperti Ikatan Warga Asal Kabupaten Kebumen (IWAKK) Walet Emas, Ikatan Kanca Lawas Gombong (IKLG), Paguyuban Pendengar Radio Kebumen-Banyumas, serta warga Kebumen yang tinggal di sekitar Jabodetabek.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>