Besok Pagi, Surat Suara Pemilu di Kebumen Mulai Disortir - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Besok Pagi, Surat Suara Pemilu di Kebumen Mulai Disortir

www.inikebumen.net KEBUMEN - Setelah menerima surat suara untuk DPR RI, KPU Kabupaten Kebumen rencananya bakal mulai melakukan sortir dan pelipatan besok pagi, Jumat, 8 Maret 2019. Sortir dan pelipatan akan dipusatkan di Gedung Juang Jalan Indrakila Kebumen.

Besok Pagi, Surat Suara Pemilu di Kebumen Mulai Disortir
Petugas menata bok surat suara DPR RI di Kantor KPU Kabupaten Kebumen.
Ketua KPU Kebumen, Yulianto, mengatakan dalam proses itu pihaknya melibatkan masyarakat yang dikoordinir oleh masing-masing PPK dan PPS di masing-masing kecamatan. "Karena yang paham betul kebutuhan di lapangan kan PPK dan PPS," ujar Yulianto.

KPU akan melibatkan 225 petugas terdiri dari PPK dan PPS. Penyortiran ini dibagi dua gelombang. Gelombang pertama untuk 15 kecamatan dan gelombang dua 11 kecamatan. "Setiap kecamatan terdiri dari 15 sampai 20 orang yang dilibatkan," terangnya.

Menurutnya, untuk menjadi petugas sortir dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 harus memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya, usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Kemudian, tidak buta warna dan bisa baca tulis. "Nanti ada tesnya yang dilakukan oleh masing-masing PPK," ucapnya.

Adapun honor yang diberikan KPU untuk masing-masing petugas sortir dan pelipatan surat suara itu, yakni Rp 100 per lembar untuk surat suara DPR RI. Kemudian, Rp 80 untuk surat suara DPD dan Rp 60 untuk surat suara Pilpres.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Kebumen mulai menerima logistik surat suara untuk Pemilu 17 April 2019 mendatang, Rabu petang, 6 Maret 2019. Surat suara yang pertama kali datang adalah surat suara untuk DPR RI Dapil Jateng VII.

Jumlah surat suara DPR RI yang diterimanya sebanya 1.094.163 lembar. Jumlah ini sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Kebumen ditambah 2 persen untuk cadangan. Surat suara itu dikemas dalam 2.189 dus yang setiap dusnya berisi 500 lembar.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>