Resmi, Pemkab Kebumen Luncurkan Logo Hari Jadi ke-390 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Resmi, Pemkab Kebumen Luncurkan Logo Hari Jadi ke-390

Logo Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen dapat diunduh pada laman bag-humas.kebumenkab.go.id.
Resmi, Pemkab Kebumen Luncurkan Logo Hari Jadi ke-390
Inilah logo Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen secara resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-390 Kabupaten Kebumen. Logo tersebut dapat diunduh pada laman bag-humas.kebumenkab.go.id.

Logo resmi itu adalah karya Daffa Ibnu asal Kediri, Jawa Timur, yang merupakan pemenang pada Lomba Cipta Logo Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke-390 yang diselanggarakan oleh Bagian Humas Setda Kebumen. 

Warna dasar pada logo ini biru yang melambangkan ketenangan. Sedangan tulisan 390 mencerminkan Kabupaten Kebumen sebagai agrocity of Java yang memiliki banyak potensi.

Kemudian, bentuk perahu mencerminkan keunggulan dari sektor perikanan. Selanjutnya, pegunungan mencerminkan keunggulan dari sektor perkebunan dan pertanian. Adapun warna emas melambangkan kemakmuran.

Mulai tahun ini, untuk pertama kalinya Kabupaten Kebumen akan merayakan hari jadinya pada 21 Agustus.

Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang baru itu berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 3 Tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang semula 1 Januari 1936 kini diubah menjadi 21 Agustus 1629. Maka terhitung mulai 21 Agustus 2019 Kabupaten Kebumen genap berusia 390 tahun.

Cikal bakal berdirinya Kabupaten Kebumen yang tak terpisahkan dari sosok Kiai Brodonolo. Sosok kepahlawanan Kiai Brodonolo yang berperan penting dalam membantu Sultan Agung ketika hendak menyerang kolonial Belanda di Batavia.

Kiai Bodronolo adalah utusan kerajaan Mataram yang diberi amanah oleh Sultan Agung untuk mempersiapkan perbekalan logistik buat prajurit Mataram yang akan berperang melawan kolonial Belanda.

Mendapat titah dari Sultan Agung maka Kiai Brodonolo menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan memusatkan perbekalan logistik di wilayah Panjer Kebumen.

Atas jasanya tersebut maka Sultan Agung pun memberikan penghargaan kepada Kiai Brodonolo sebagai Kiai Ageng Gede Panjer sekaligus diberikan kekuasaan sepenuhnya untuk memimpin wilayah Panjer.

Mendasari kisah sejarah kepahlawanan Kiai Brodonolo maka Pemerintah Kabupaten Kebumen melakukan penelusuran, penelitian dan pengkajian yang mendalam sebelum  ditetapkannya hari jadi Kabupaten Kebumen yakni 21 Agustus 1629.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>