Perempuan Asal Karanganyar jadi Pasien Positif Corona Kedelapan di Kebumen

Pasien Positif Covid-19 kedelapan Diumumkan
Perempuan Asal Karanganyar jadi Pasien Positif Corona Kedelapan di Kebumen
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan pasien baru positif corona  Minggu malam, 19 April 2020.
INI Kebumen, KEBUMEN - Seorang perempuan berinisial M, 34 tahun menjadi pasien positif Covid-19 kedelapan di Kabupaten Kebumen. Pasien baru tersebut merupakan warga Kecamatan Karanganyar.

Pemkab Kebumen melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan pasien baru positif corona pada konferensi pers di Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Kebumen, Minggu malam, 19 April 2020.

"Hari ini  pasien Covid-19 bertambah 1 dengan diterimanya hasil lab positif atas nama M, 34 tahun, berjenis kelamin perempuan,"  kata Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto.

Selain Cokroaminoto, konferensi pers itu dhadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kusbiyantoro dan Kabag Humas Setda Kebumen Eko Purwanto.

Kusbiyantoro, menjelaskan diduga pasien terpapar virus corona saat bekerja di Jakarta. Sebab, yang bersangkutan melakukan kontak langsung bosnya yang meninggall dunia karena kasus yang sama.

"Yang bersangkutan pulang kampung pada 3 April dan sudah melaporkan ke Puskesmas setempat," terang Kusbiyantoro.

Karena baru datang dari daerah zona merah Covid-19, pasien ini dimasukan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan harus menjalani isolasi mandiri. Dalam perkembangannya pada 10 April, yang bersangkutan datang dan bercerita kepada petugas di Puskesmas, kalau dirinya telah mendapat pemeriksaan swab di Jakarta.

"Kita langsung lakukan rapid tes pada 11 Aprill dan hasil positif. Termasuk orangtuanya kita rapid test juga tapi hasilnya negatif," bebernya.

Selanjutnya, pada 13 dan 14 April dilakukan pengambilan swab dan dikirim ke Laboraotarium Virologi BBTKLPP Yogyakarta

"Hari ini, Minggu, 19 April diperoleh hasil yang bersangkutan positif," kata Kusbiyantoro.

Meski positif corona, lanjut Kusbiyantoro, yang bersangkutan dalam kondisi sehat. Namun, demikian pihaknya tetap mengisolasi yang bersangkutan di RS PKU Muhammadiyah Gombong.

"Untuk orangtuanya kita lakukan pemamntauan dan akan kita tes ulang," imbuhnya.

Dengan bertambahnya pasien positif, maka hingga Minggu malam, 19 April 2020 total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen sebanyak 8 orang. Dari jumlah itu, 3 diantaranya masih dalam perawatan, 2 sembuh dan 2  meninggal dunia. 

Pasien Dengan Pengawasan (PDP) tercatat 89 orang, 3 diantaranya meninggal dunia tanpa hasil lab, 21 orang telah selesai pengawasan. PDP dengan hasil lab negatif 32.

Sedangkan, Orang Dengan Pemantauan (ODP) tercatat 2.285 orang. Dari jumlah itu 1.659 orang diantaranya telah selesai pemantauan.(*)
Powered by Blogger.