Ganjar Antar "The Godfather of Broken Heart" ke Peristirahatan Terakhir

Didi Kempot memang sudah tiada. Namun dedikasi dan semangat yang ia ajarkan, tidak boleh hilang di telan zaman.
Ganjar Antar "The Godfather of Broken Heart" Peristirahatan Terakhir
Pemakamanan Didi Kempot (Foto : Vivi/Humas Jateng)
INI Kebumen, NGAWI - Kedekatan Ganjar Pranowo dan Almarhum Didi Kempot membuat Gubernur Jawa Tengah itu menyempatkan diri mengantarkan jenazah Godfather of Broken Heart itu ke tempat peristirahatan terakhirnya, di Mejasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Jawa Timur, Selasa 5 Mei 2020.

Selasa siang, Ganjar berangkat dari rumah dinasnya di Gajahmungkur, Kota Semarang, dan menempuh jalur darat sejauh ratusan kilometer menuju Ngawi.

Setibanya di lokasi, Ganjar mengikuti prosesi pemakaman dari belakang. Ini untuk menjaga jarak dan menghindari berkerumun dengan ratusan Sobat Ambyar yang ikut melayat, hingga kemudian ia dipersilakan pihak keluarga untuk menaburkan bunga di makam Didi.

"Mas Didi Kempot adalah seniman yang sangat menginspirasi. Di tengah pandemi corona ini, beliau masih bisa survive dan menginspirasi para seniman lain," kata Ganjar.

Tak hanya seniman, Ganjar sendiri mengatakan sangat terinspirasi dengan seorang Didi Kempot. Beberapa waktu lalu, dirinya berdialog dengan seniman-seniman di Jateng dan memutuskan membuat panggung pertunjukan kecil di kediamannya.

Panggung Kahanan Mositifi Covid 19 namanya. Panggung itu ia gunakan sebagai tempat para seniman mentas yang disiarkan live streaming di akun sosial media.

"Kemarin baru sekali tampil, rencananya selama ramadhan ini mereka para seniman akan tampil. Itu inspirasinya ya mas Didi ini. Mas Didi menginspirasi saya dan para seniman nasional lain dengan konsep konser amal dari rumahnya yang sukses kemarin," tegasnya.

Didi Kempot memang sudah tiada. Namun dedikasi dan semangat yang ia ajarkan, tidak boleh hilang di telan zaman
Ganjar Antar "The Godfather of Broken Heart" Peristirahatan Terakhir
Ganjar Pranowo ikut mengantarkan Didi Kempot ke peristirahat terakhir (Foto : Vivi/Humas Jateng)
"Beliau mengajarkan pada semua, bahwa seniman jangan menyerah. Terus bergerak dan berkreasi. Soal rejeki, Allah yang menentukan, tapi jangan berhenti berkarya. Itulah mas Didi Kempot," tegasnya.

Didi Kempot di mata Ganjar juga merupakan ikon seniman yang mampu menembus batas dalam bermusik. Saat banyak orang menganggap musik tradisional katrok dan pinggiran, ia mampu mengubah segalanya dan menembus batas-batas itu.

"Sekarang musik tradisional telah masuk ke jantung hati semua orang. Tidak pandang dia siapa, tapi semua bisa bergoyang ambyar semuanya," ucapnya.

Ganjar mengatakan sangat kehilangan musisi hebat sekelas Didi Kempot. Ia meminta masyarakat untuk mendoakan yang terbaik padanya.

"Didi Kempot adalah orang yang selalu memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Kami tentu akan kehilangan, semoga husnul khotimah," tutupnya.(*)
Powered by Blogger.