pendaftaran mahasiswa baru UPB

Ajarkan Kemandirian, Ponpes Al Hikmah Gelar Pelatihan Pembuatan Abon dan Krupuk Kulit Lele

Ajak kemandirian

Ajarkan Kemandirian, Ponpes Al Hikmah Gelar Pelatihan Pembuatan Abon dan Krupuk Kulit Lele
Pelatihan untuk mengajarkan kemandirian
INI Kebumen, ADIMULYO - Memperingati Hari Santri Nasional, Pondok Pesantren (Ponpes) sekaligus Panti Asuhan Al Hikmah Desa Arjomulyo, Kecamatan Adimulyo, menyelenggarakan berbagai kegiatan. 

Salah satunya adalah Pelatihan Pembuatan Abon dan Kripik Kulit Lele, yang diadakan selama dua hari, 24-25 Oktober 2020, di komplek Ponpes Al Hikmah.

Nurnakhudin Ramli yang menjadi fasilitator kegiatan menyampaikan bahwa pelatihan diikuti anak-anak asuh yang tinggal di asrama dan masyarakat sekitar pondok. 

Sebagai pelatih dihadirkan Dwi Iswantoro dari Karya Mulia Sukoharjo, salah satu produsen abon dan keripik kulit lele.

"Keikutsertaan masyarakat ini menunjukkan bahwa Ponpes dan Panti Asuhan Al Hikmah menyatu dengan masyarakat," ujarnya.

Siti Rochani selaku pengasuh Panti Asuhan Al Hikmah dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa pelatihan dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran hidup kreatif dan mandiri. 

"Anak-anak asuh yang tinggal di asrama, untuk pembelajaran hidup kreatif dan mandiri antara lain dengan dilatih keterampilan usaha pembuatan abon dan krupuk kulit lele," terangnya.

Pelatihan tersebut menurut Dwi Iswantoro dilaksanakan dengan memperhatikan CPMB. 

"CPMB adalah cara produksi makanan yang baik, sehingga dalam proses produksi ke depan diharapkan menghasilkan produk berkualitas," kata Dwi saat mengawali pelatihan.

Pengasuh lainnya yang membidangi pemberdayaan Jakra Hadepa Riyadi, merencanakan kegiatan pelatihan akan ditindak lanjuti dengan kontinuitas produksi sebagai salah satu andalan usaha bidang perekonomian.

Nurnakhudin mengapresiasi rencana tersebut dan mengharapkan usaha produksi abon dan kripik kulit lele, mampu menjadi pemicu kemandirian lembaga sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian lembaga.(*)

Powered by Blogger.