Untuk Tangani Covid-19, Kebumen Terima Bantuan 4 Unit Ventilator - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Untuk Tangani Covid-19, Kebumen Terima Bantuan 4 Unit Ventilator

Peresmian Gedung Radiotherapi, Kemotherapy dan Gedung Isolasi Terpadu di RS PKU Muhammadiyah Gombong

Untuk Tangani Covid-19, Kebumen Terima Bantuan 4 Unit Ventilator
Peresmian Gedung Radiotherapi RS PKU Muhammadiyah Gombong
INI Kebumen, GOMBONG - Pemkab Kebumen menerima bantuan untuk penanganan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan. Yakni berupa 4 unit ventilator ICU, 9 box  APD (324 pcs), 5.000 pcs masker N95 dan 10.000 pcs masker KF94.

Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Anggota Komisi IX  DPR RI Edy Wuryanto, kepada Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, pada peresmian Gedung Radiotherapi, Kemotherapy dan Gedung Isolasi Terpadu di RS PKU Muhammadiyah Gombong, Selasa, 3 November 2020.

Peresmian gedung tersebut dilakukan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Menkes Terawan Agus Putranto. Hadir pula dalam acara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta jajaran forkompimda.

Menkes Terawan Agus Putranto mengapresiasi pembangunan gedung khusus isolasi Covid-19 di RS PKU Muhammadiyah Gombong. Selain itu, ia juga mengapresiasi peresmian instalasi radioterapi dan kemoterapi serta instalasi hemodialisa di tempat itu.

“Tidak hanya untuk Covid-19, di masa mendatang fasilitas ini bisa digunakan untuk pelayanan penyakit lain, seperti TBC dan lainnya,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Menko PMK, Muhadjir Effendy. Ia mengatakan, kebutuhan fasilitas kesehatan di masyarakat khususnya selama pandemi Covid-19 ini masih cukup tinggi.

“Semoga RS PKU Muhammadiyah Gombong bisa menjadi bagian dalam membantu pemerintah untuk penanganan Covid-19 ini,” kata dia.

Ganjar Pranowo menyatakan senang dengan langkah RS PKU Muhammadiyah Gombong, membuat gedung khusus yang digunakan untuk penanganan Covid-19.

Dengan begitu, maka pelayanan kesehatan khususnya Covid-19 di wilayah selatan Jawa Tengah bisa lebih optimal.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan fasilitas untuk masyarakat wilayah selatan. Tidak hanya untuk Covid-19, tapi juga penyakit lain. Tentu ini sangat membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid,” katanya.

Selama ini, penanganan pasien Covid-19 di Jawa Tengah bagian selatan memang masih mengandalkan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto. 

Selain soal Covid, Ganjar meminta pengelola RS PKU Muhammadiyah Gombong juga fokus pada penyakit lain semisal TBC dan lainnya. Ia juga berpesan agar penanganan stunting bisa ditangani.

“TBC dan stunting ini masih menjadi PR kita yang masih belum selesai sampai saat ini. Jadi mudah-mudahan ini juga bisa menjadi prioritas,” tandasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>