Hindari Kesalahan, Kebumen Gelar Simulasi Distribusi Vaksin Covid-19 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Hindari Kesalahan, Kebumen Gelar Simulasi Distribusi Vaksin Covid-19

Persiapan Vaksinasi Covid-19

Hindari Kesalahan, Kebumen Gelar Simulasi Distribusi Vaksin Covid-19
Simulasi pendistribusian vaksin
INI Kebumen, KEBUMEN - Pendistribusian vaksin Covid-19  di Kabupaten Kebumen disimulasikan, Rabu 13 Januari 2021.

Simulasi dimulai pendistribusian vaksin dari Pemprov Jateng menuju ke Gudang Farmasi yang terletak di Jalan Pemuda Kebumen (Eks RSUD Kebumen) dengan pengawalan dan pengamanan dari Polda Jateng.

Sesampainya di batas kota Kebumen-Purworejo, pengawalan dilanjutkan oleh Sat Lantas Polres Kebumen bersama dengan Sat Sabhara.

Sesampainya di gudang farmasi, petugas kesehatan provinsi menyerahkan vaksin kepada petugas Dinas Kesehatan Kebumen dan disaksikan oleh Satgas Covid19 Kabupaten Kebumen.

"Kita Polri dan TNI mengamankan mulai dari perjalanan sampai dengan pelaksanaan," jelas Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto.

Selanjutnya, Kepala Puskesmas dan petugas kesehatan yang ditunjuk melaksanakan pengambilan vaksin ke gudang farmasi dengan pengawalan patroli Polsek dan Koramil.

Di Gudang Puskesmas, vaksin juga akan dijaga keamanannya oleh personel Polsek dan Koramil serta petugas Puskesmas.

Pendistribusian vaksin di Puskesmas,  ada peran Bhabinkamtibmas bersama dengan Babinsa.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, Babinkamtibmas dan Babinsa melakukan sosialisasi "door to door" kepada peserta vaksin, serta mengingatkan jadwal program vaksin sesuai data link yang sudah daftar secara online.

Setelah warga mengetahui kapan jadwal vaksinasinya, warga akan datang ke tempat pelaksanaan pemberian vaksin.

"Simulasi ini bertujuan agar kita mengetahui gambaran pendistribusian vaksin. Dalam simulasi itu ada peran sinergi Polres, Kodim dan Dinas Kesehatan," jelas Kasubbag Humas. 

Vaksin adalah sebuah produk zat yang dimasukkan ke tubuh manusia dan ini akan menstimulasi imun sistem di tubuh manusia untuk akhirnya bisa memproteksi dan melindungi manusia tersebut dari penyakit yang sedang dilawan dalam hal ini virus corona Covid-19.

Vaksin diharapkan memberikan kekebalan pada individu yang mendapatkan vaksin.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>