pendaftaran mahasiswa baru UPB

Meriahkan HPN, Wartawan Kebumen Bercocok Tanam di Pejagoan

Pentingnya Ketahanan Pangan Bagi Masyarakat Ditengah Pandemi

Meriahkan HPN, Wartawan Kebumen Bercocok Tanam di Pejagoan
Lahan yang menjadi lokasi bercocok tanam para wartawan
INI Kebumen, PEJAGOAN - Sejumlah wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen melakukan penanaman perdana tanaman hortikultura. 

Berkebun bersama dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021 ini digelar di area sekitar peternakan New Assa Desa Karangpoh, Kecamatan Pejagoan, Rabu, 17 Februari 2021.

Ribuan bibit tanaman holtikultura berbagai jenis ditanam di lahan seluas 2.400 meter persegi milik seorang pengusaha.

Hadir dalam kegiatan ini, Camat Pejagoan, Kapolsek Pejagoan dan Koramil 14, perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen, pengurus dan anggota PWI Kebumen, Perwakilan PT Pokphan, dan SKN Group.

Ketua PWI Kebumen, Bagus Sukmawan mengatakan, PWI Kebumen menyambut baik ajakan seorang pengusaha peternakan untuk berkebun. 

Apalagi, kebun hortikultura menjadi bagian upaya ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

Berkebun hortikultura menjadi pilihan untuk mendukung ketahanan pangan. Dengan memanfaatkan lahan yang selama ini dikategorikan menganggur, serta cadangan pupuk kandang dari peternakan ayam, diharapkan program bersama sejumlah pihak bisa sukses.

Pengusaha yang memfasilitasi program, dan tidak bersedia disebut identitas menyebutkan, di peternakan ayamnya tersedia cukup banyak pupuk kandang, yang bisa dimanfaatkan untuk kebun hortikultura. 

Pupuk kandang, tidak langsung dimanfaatkan, harus difermentasi, dengan tambahan bahan tertentu. Pengusaha itu sudah mencoba di rumah, tanaman yang dipupuk dengan kotoran ayam yang telah difermentasi subur.

"Kami yakin ini bisa menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan dengan tanaman produktif sehingga selain untuk ketahanan pangan, juga bisa untuk membantu perekonomian keluarga," kata  Bagus Sukmawan.

Kasi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Distapang Kebumen Kristiya Titis Retnaningsih menyampaikan pentingnya ketahanan pangan di tingkat rumah tangga. 

Pihaknya mengapresiasi positif langkah yang dilakukan semua pihak sehingga penanaman ribuan tanaman holtikultura bisa dilaksanakan.

"Ini bukti bahwa kita bisa saling bekerjasama untuk meningkatkan ketahanan pangan baik di tingkat rumah tangga maupun di tingkat masyarakat," tuturnya.(*)

Powered by Blogger.