Diperbaiki Sedulur Kebumen dan Karanganyar, Sawon Tak Lagi Tinggal di Kandang Kambing

Serahterima ini dilakukan setelah tertunda karena pandemi Covid-19.

Diperbaiki Sedulur Kebumen dan Karanganyar, Sawon Tak Lagi Tinggal di Kandang Kambing
Serahterima bedah rumah milik Sawon

INI Kebumen, KARANGGAYAM - Rumah Sawon (34), warga Dukuh Krajan RT 03 RW 03 Desa Penimbun, Karanggayam disulap menjadi rumah yang layak huni. 

Rumah yang diperbaiki oleh Komunitas Sedulur Karanganyar, Sedulur Kebumen dan Pemerintah Desa Penimbun itu diserahterimakan kepada pemiliknya, Senin, 22 Maret 2021.

Serahterima ini dilakukan setelah tertunda karena pandemi Covid-19.

Serahterima itu dihadiri perwakilan dua komunitas diantaranya Pemilik Muncul Group Sugeng Budiawan, Tokoh PMTSI Kebumen Bobbyn Subiyanto, Pengusaha Muda Santoso Budiawan, Aktivis Lingkungan Untung Karnanto, Forkompincam Karanggayam, serta Kades setempat dan aktivis anggota Sedulur Kebumen dan Karanganyar lainnya.

Aktivis Sedulur Karanganyar, Untung Karnanto, mengatakan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini adalah Kolaborasi Sedulur Karanganyar, Sedulur Kebumen dan Pemerintah Desa sebagai wujud kepedulian kepada warga kurang mampu.

"Hari ini pembangunan rumah diserahkan kepada pemiliknya," kata Untung Karnanto.

Kades Penimbun Saijan mengatakan bedah rumah milik Sawon menghabiskan anggaran Rp 21 juta bantuan dari Sedulur Karanganyar, Sedulur Kebumen dan swadaya masyarakat setempat. Sedangkan, waktu pembangunannya dikerjakan selama 20 hari. 

"Atas nama Pemerintah Desa Penimbun, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut andil membantu program bedah rumah," ucap Saijan. 

Sesepuh Sedulur Kebumen Sugeng Budiawan, menambahkan kedepannya, kolaborasi Sedulur Kebumen dan Sedulur Karanganyar akan tetap dilanjutkan. Yakni dalam aksi sosial bedah rumah sesuai kebutuhan.

"Kami dari sedulur Kebumen dan Karanganyar akan terus berupaya membantu warga yang mempunyai rumah tidak layak huni. Ini murni aksi sosial kami kepada warga," tegas Sugeng.

Sebelumnya, Sawon (34), warga Dukuh Krajan RT 03 RW 03 Desa Penimbun, Karanggayam, tinggal di rumah yang tidak layak huni dan memprihatinkan. Bahkan dia harus tidur di kandang kambing.(*)

Powered by Blogger.