BNN Turun Langsung Geledah Rutan Kelas II B Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

BNN Turun Langsung Geledah Rutan Kelas II B Kebumen

Razia digelar kurang lebih satu jam, mulai Pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

BNN Turun Langsung Geledah Rutan Kelas II B Kebumen
Petugas gabungan menggeledah kamar di Rutan Kebumen
INI Kebumen, KEBUMEN - Seluruh kamar di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kebumen digeledah dan dirazia secara mendadak. 

Polres Kebumen ikut terlibat dalam penggeledahan bersama dengan Kodim 0709 Kebumen, dan BNN Kabupaten Banyumas, Selasa, 6 April 2021 malam.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Tugiman, kegiatan razia yang digelar merupakan kegiatan serentak di seluruh Indonesia. 

"Sasarannya adalah handphone, narkoba, senjata tajam, atau benda lainnya yang seharusnya tidak berada di kamar para tahanan ataupun narapidana," jelas Iptu Tugiman. 

Razia digelar kurang lebih satu jam, mulai Pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. 

Kegiatan razia dipimpin langsung oleh Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kebumen Subiyakto. 

Menurut Ka Rutan, kegiatan razia kali ini dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke 74.

"Total ada 14 kamar yang dilakukan penggeledahan. Termasuk kamar blok wanita juga dilakukan penggeledahan," jelas Subiyakto. 

Para petugas gabungan melakukan penggeledahan mulai dari tempat tidur, selanjutnya menyisir almari dan gantungan pakaian. 

Selama razia, para penghuni kamar dikeluarkan dan dibariskan di depan kamar masing-masing. 

"Alhamdulillah tadi telah diperiksa, sejauh ini tidak ditemukan barang-barang yang kami khawatirkan (barang yang seharusnya tidak masuk ke kamar)," jelas Subiyakto. 

Kegiatan penggeledahan atau razia secara mandiri, menurut Subiyakto, dalam sebulan bisa lakukan sebanyak 10 kali.

Termasuk uang tunai tidak diperbolehkan atau dimiliki para penghuni Rutan untuk menghindari perjudian, suap, ataupun sebagai alat kejahatan lainnya. 

Solusinya para penghuni Rutan hanya diperbolehkan memiliki uang elektronik yang bisa digunakan untuk membeli keperluan pribadinya yang tidak disediakan oleh pihak Rutan di kantin.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>