pendaftaran mahasiswa baru UPB

Sains Data Jurusan Global yang Dibutuhkan di Seluruh Dunia

Universitas Putra Bangsa Sukses Gelar Webinar Sains Data

Sains Data Jurusan Global yang Dibutuhkan di Seluruh Dunia
Webinar Sains Data di Kampus UPB
INI Kebumen, KEBUMEN - Data merupakan hal yang sangat penting, terlebih di era digital saat ini. Organisasi ataupun perusahaan sangat membutuhkan orang-orang yang bisa mengolah data untuk pengambilan suatu keputusan. 

Untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang prospek dan peluang karir sains data di era digital, Universitas Putra Bangsa menggelar Webinar Nasional Sains Data. 

Webinar yang terbilang sukses itu digelar di Aula Ronggowarsito Kampus Universitas Putra Bangsa secara hybrid, Sabtu, 26 Juni 2021.

Hadir secara langsung Rektor Universitas Putra Bangsa Dr Gunarso Wiwoho SE MM.  Sedangkan narasumber Irwan Rizadi SSi MSc (dari Qatar Airways Group) dan Yusuf Mufti SKom MSc (Dosen UPB Lulusan dari King Fahd University Of Petroleum and Mineral Saudi Arabia).

Rektor Universitas Putra Bangsa Dr Gunarso Wiwoho SE MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa program studi sains data merupakan program studi yang masih sangat jarang dimiliki oleh perguruan tinggi baik PTN/PTS di Indonesia. 

Program studi sains data menjadi jawaban akan kebutuhan masyarakat dimasa mendatang. Program studi sains data adalah program studi yang mengintegrasi tiga keilmuan sekaligus. Yaitu statistika, matematika dan komputasi.

"Mengutip pada riset jurnal bisnis di Amerika program studi ini merupakan big five prodi dengan Gaji terbesar," kata Gunarso.

Salah satu narasumber, Irwan Rizadi, menyampaikan bahwa Data Science ini menjadi kesempatan yang terbuka lebar bagi masyarakat. 

"Khususnya di Kebumen dan sekitarnya," tutur Irwan, secara daring dari Qatar.

Menurutnya sains data merupakan jurusan global yang dibutuhkan diseluruh dunia. 

"Opportunity nya sangat terbuka lebar buat lulusan jurusan sains data dan ini menjadi kesempatan yang sangat baik. Data sains dapat masuk kesemua industry e-commerce, marketplace seperti tokopedia, shoope gojek dan lain sebagainya," paparnya. 

Narasumber lain, Yusuf Mufti, menyampaikan bahwa saat ini kebutuhan akan ilmuwan data sangat besar.

Dia mengutip dari pernyataan Ainun Najib bahwa kebutuhan sains data saat ini tidak seimbang. Banyak permintaan pekerjaan sebagai ilmuwan data tapi tidak diimbangi dengan ketersediaan talenta. 

"Bahkan Presiden Jokowi pun menyampaikan data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. Yang kini lebih berharga dari minyak," ujar Yusuf, mengutip pernyataan Ainun Najib dan Presiden Jokowi.

Kegiatan webinar diikuti oleh ratusan peserta. Mulai dari pelajar yang tergagung dalam forum pengurus OSIS Kebumen maupun masyarakat umum dan di tutup dengan tanya jawab antara peserta dan narasumber.(*)

Powered by Blogger.